Jumat 15 Jul 2022 18:40 WIB

Potret Diri Van Gogh Ditemukan di Balik Lukisan Lain

Temuan ini usai dilakukan sinar-X ke kanvas berjudul “Head of a Peasant Woman”.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Konservator Senior Lesley Stevenson memandang Kepala Wanita Petani di samping gambar x ray dari potret diri Van Gogh yang tersembunyi. Potret diri Vincent Van Gogh yang sebelumnya tidak diketahui telah ditemukan di balik lukisan seniman lainnya. Galeri Nasional Skotlandia mengatakan pada hari Kamis bahwa lukisan itu ditemukan di bagian belakang
Foto: Neil Hanna via AP
Konservator Senior Lesley Stevenson memandang Kepala Wanita Petani di samping gambar x ray dari potret diri Van Gogh yang tersembunyi. Potret diri Vincent Van Gogh yang sebelumnya tidak diketahui telah ditemukan di balik lukisan seniman lainnya. Galeri Nasional Skotlandia mengatakan pada hari Kamis bahwa lukisan itu ditemukan di bagian belakang "Kepala Wanita Petani" Van Gogh ketika para ahli mengambil X-Ray dari kanvas menjelang pameran yang akan datang.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- National Galleries of Scotland mengumumkan pada Kamis (14/7/2022), potret diri Vincent Van Gogh yang sebelumnya tidak diketahui telah ditemukan di balik lukisan lainnya. Temuan ini usai dilakukan sinar-X ke kanvas berjudul “Head of a Peasant Woman” sebelum pameran yang akan datang.

Potret diri ditemukan di bagian belakang ketika para ahli di galeri Edinburgh mengambil sinar-X. Karya itu diyakini telah disembunyikan selama lebih dari satu abad, ditutupi oleh lapisan lem dan karton ketika di bingkai pada awal abad ke-20.

Baca Juga

Van Gogh dikenal karena membalik kanvas dan melukis di sisi lain untuk menghemat uang. Pada kanvas ini, potret tampak depan menunjukkan seorang pengasuh dengan topi bertepi.

Para ahli mengatakan, subjek itu langsung dikenali sebagai seniman itu sendiri dan dianggap berasal dari karya awalnya. Telinga kiri terlihat jelas dan Van Gogh terkenal memotongnya pada 1888.

Kurator senior di National Galleries of Scotland Frances Fowle mengatakan penemuan itu mendebarkan. "Momen seperti ini sangat langka," katanya.

“Kami telah menemukan sebuah karya yang tidak diketahui dari Vincent Van Gogh, salah satu seniman paling penting dan populer di dunia," ujarnya.

Pihak galeri mengatakan, para ahli sedang mengevaluasi cara menghilangkan lem dan kardus tanpa merusak "Head of a Peasant Woman".

Pengunjung pameran yang akan datang di Royal Scottish Academy di Edinburgh dapat melihat gambar sinar-X dari potret diri melalui lightbox. “A Taste for Impressionism” berlangsung dari 30 Juli hingga 13 November. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement