Jumat 29 Jul 2022 01:05 WIB

Australia Tingkatkan Koordinasi Hadapi Cacar Monyet

Cacar monyet jadi penyakit menular yang signifikan secara nasional di Australia

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Karikatur Cacar Monyet.
Foto: republika/daan yahya
Karikatur Cacar Monyet.

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Australia pada Kamis (28/7/2022) mengatakan, penyebaran cacar monyet sekarang menjadi insiden penyakit menular yang signifikan secara nasional. Australia mengedepankan tanggapan yang lebih terkoordinasi, mengikuti deklarasi darurat kesehatan global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kepala Petugas Medis Australia, Paul Kelly, mengatakan, Pusat Insiden Nasional telah diaktifkan untuk meningkatkan koordinasi di seluruh negara bagian dan teritori Australia. Kelly mengatakan, sejauh ini ada 44 kasus cacar monyet di Australia.

Baca Juga

Sebagian besar kasus terjadi pada pelancong internasional yang kembali ke Australia. Kelly mengatakan, penyakit cacar monyet tidak terlalu berbahaya seperti Covid-19 yang lebih mudah menular.

Para ilmuwan mengatakan, penyebaran cacar monyet semakin masif. Kasus saat ini berlipat ganda setiap dua minggu, sehingga meningkatkan kekhawatiran wabah ini akan mencapai puncaknya dalam beberapa bulan mendatang.

WHO memperkirakan, terdapat lebih dari 27.000 kasus cacar monyet di 88 negara pada 2 Agustus. Jumlah itu naik dari 17.800 kasus di hampir 70 negara pada hitungan terakhir.  Para ilmuwan di seluruh dunia mengatakan, kemungkinan akan ada penularan berkelanjutan selama beberapa bulan dan mungkin jangka panjang.

"Kita harus mengatasi ini," kata seorang profesor epidemiologi di University of California, Los Angeles, Anne Rimoin.

Anggota komite ahli WHO pekan lalu menggelar pertemuan untuk menentukan apakah wabah cacar monyet merupakan keadaan darurat kesehatan global. Mayoritas anggota komite memberikan suara menentang langkah tersebut. Namun Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus tetap menyatakan keadaan darurat. Tindakan keadaan darurat ini berarti perlu ada langkah yang diambil secara mendesak, termasuk peningkatan vaksinasi, pengujian, isolasi bagi mereka yang terinfeksi, dan pelacakan kontak.

Seorang profesor di London School of Hygiene and Tropical Medicine, Jimmy Whitworth, berharap kasus tidak akan meningkat setidaknya selama empat hingga enam bulan ke depan, atau sampai mereka yang berisiko tinggi terinfeksi telah divaksinasi. Organisasi kesehatan seksual di Inggris baru-baru ini memperkirakan bahwa, kasus cacar monyet dapat meningkat menjadi sekitar 125.000 orang.

Cacar monyet telah menjadi masalah kesehatan masyarakat yang diabaikan secara global. Cacar monyet menjadi endemik di beberapa wilayah  Afrika selama beberapa dekade. Tetapi kasus cacar monyet mulai dilaporkan di luar negara-negara non endemik pada Mei.

Cacar monyet biasanya menyebabkan gejala ringan hingga sedang, termasuk demam, kelelahan, dan lesi kulit khas yang menyakitkan. Gejala ini dapat sembuh dalam beberapa minggu. Lima orang di Afrika telah meninggal akibat wabah cacar monyet.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement