Rabu 10 Aug 2022 15:54 WIB

Intensitas Hujan Mulai Turun, Sejumlah Wilayah Korsel Masih Terendam

Presiden Yoon meminta maaf atas banjir yang terjadi di Korsel.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha
Sebagian jalan utama di dekat Sungai Han tergenang akibat hujan deras di Seoul, Korea Selatan, Selasa, 9 Agustus 2022. Hujan paling deras dalam beberapa dekade ini membanjiri wilayah ibu kota Korea Selatan, mengubah jalan-jalan Seoul menjadi macet. sungai dan mengirimkan banjir yang mengalir ke stasiun kereta bawah tanah.
Foto:

Presiden Yoon Minta Maaf

Sementara itu, Presiden Korsel Yoon Suk-yeol mengungkapkan permohonan maaf kepada rakyat atas bencana banjir yang melanda wilayah Korsel. Hal ini diungkapkannya selama pertemuan darurat untuk respons banjir Seoul dan wilayah sekitarnya.

"Saya berdoa untuk para korban dan memohon maaf atas nama pemerintah karena kesengsaraan akibat bencana banjir ini," kata Yoon seperti dikutip laman Yonhap, Rabu.

Yoon mengatakan pemerintah harus membuat langkah-langkah mendasar untuk menanggapi peristiwa serupa di masa depan bahkan saat melakukan pekerjaan pemulihan darurat dan membantu para korban. "Saya percaya kita perlu secara aktif menggunakan teknologi digital mutakhir kita untuk terus memantau ketinggian air di semua saluran air negara, melakukan simulasi dan dengan demikian segera mengaktifkan sistem peringatan," katanya.

photo
Warga berjalan di tengah banjir di selatan Seoul, Korsel, Senin (8/8/2022). Hujan deras mencapai 100 milimeter per jam, alias terderas dalam 80 tahun, telah melumpuhkan Seoul dan sekitarnya akibat banjir. - (EPA-EFE/YONHAP SOUTH KOREA OUT)

"Instansi terkait dan pemerintah daerah harus membangun prakiraan banjir dan sistem peringatan yang mencakup semua saluran air, termasuk sungai, aliran utama dan anak sungai, dan menggunakan semua kekuatan kita untuk meminimalkan korban jiwa dan kerusakan harta benda," jelasnya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement