Kamis 25 Aug 2022 11:15 WIB

Politisi Partai Republik AS Ditahan Atas Pelecehan Seksual

Tersangka mencengkram dada dan pinggul korban.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Mantan anggota legislatif Negara Bagian Alabama yang berkampanye untuk mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Perry Hopper Jr didakwa setelah meraba-raba seorang perempuan di restoran.
Foto: AP/Julia Nikhinson
Mantan anggota legislatif Negara Bagian Alabama yang berkampanye untuk mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Perry Hopper Jr didakwa setelah meraba-raba seorang perempuan di restoran.

REPUBLIKA.CO.ID, MONTGOMERY -- Mantan anggota legislatif Negara Bagian Alabama yang berkampanye untuk mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Perry Hopper Jr didakwa setelah meraba-raba seorang perempuan di restoran. Ia ditangkap pada Selasa (23/8/2022) lalu dan didakwa dengan pasal pelecehan seksual tingkat pertama.

Berdasarkan pernyataan tertulis atau affidavit yang diajukan dalam surat penangkapan disebutkan Hooper mendatangi Ravello Ristorante di pusat kota Montgomery pada 16 Agustus. Pria berusia 67 tahun itu kemudian ia mendekati seorang perempuan dari belakang.

Baca Juga

"Tersangka mencengkram dada dan pinggul korban sambil mendekatkan pinggangnya ke bagian belakang korban, ia kemudian mencium lehernya sebelum korban dapat membebaskan diri," kata pernyataan tertulis tersebut, Kamis (25/8/2022).

Hooper tidak menjawab permintaan komentar yang dikirimkan lewat pesan singkat. Belum diketahui apakah pengacaranya akan berbicara mewakilinya.

Undang-undang negara bagian mendefinisikan pelecehan seksual tingkat pertama sebagai perilaku yang memaksa kontak seksual. Merupakan pelanggaran tingkat C yang dapat dihukum hingga 10 tahun penjacara. Catatan pengadilan menunjukkan Hooper ditahan di Montgomery County Jail dan keluar dengan jaminan.

Hooper berasal dari keluarga politisi Partai Republik dan pernah menjabat di House of Representative Alabama dari tahun 1983 sampai 2003. Ia tetap aktif dalam politik Partai Republik walaupun sudah tidak menjabat.

Saat ini ia anggota komite eksekutif Partai Republik Alabama dan perwakilan mereka dalam Konvensi Nasional tahun 2016. Ia mengumpulkan uang untuk kampanye Trump dan mengatakan ia merupakan ketua dewan Kemenangan Trump Alabama tahun 2016. Ayahnya, Perry Hooper Sr, kepala hakim Mahkamah Agung Alabama.

Partai Republik Alabama mengaku mereka "mengecam dengan keras segala bentuk pelecehan dan serangan seksual."

"Kami akan memantau situasi ini dengan dekat selama proses peradilan," kata partai itu dalam pernyataannya. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement