Kamis 13 Oct 2022 08:25 WIB

Kehidupan Ratu Elizabeth II Ditulis dalam Buku Komik

Komik menceritakan kehidupan pribadi Ratu, termasuk skandal keluarga kerajaan.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Kehidupan Ratu Elizabeth II diabadikan dalam buku komik oleh TidalWave Comics.
Foto: Republika
Kehidupan Ratu Elizabeth II diabadikan dalam buku komik oleh TidalWave Comics.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kehidupan Ratu Elizabeth II diabadikan dalam buku komik oleh TidalWave Comics. Komik tersebut menceritakan kehidupan pribadi Ratu, kehidupan publiknya, termasuk skandal yang menimpa keluarga kerajaan.

Alur berita dalam komik setebal 30 halaman itu dimulai ketika peternak lebah kerajaan memberikan pemberitahuan kepada istana tentang kematian ratu. Ini adalah sebuah tradisi berusia berabad-abad yang berakar pada legenda tentang produksi madu.

Baca Juga

"Saya ingin memulai dari yang kecil, yaitu legenda lebah dan mengakhiri dengan yang besar yaitu pemakaman yang dilihat oleh jutaan orang di seluruh dunia. Itu adalah cara yang tepat untuk menggambarkan pemerintahannya selama 70 tahun," kata rekan penulis Michael Frizell dalam sebuah pernyataan.  

Komik tersebut dirilis pada Rabu (12/10/2022). Komik tersedia dalam format digital dan hard cover maupun soft cover.

Elizabeth meninggal pada 8 September di Kastil Balmoral, Skotlandia. Kesehatan Ratu telah menurun dan selama beberapa bulan terakhir dia tidak menghadiri sejumlah acara publik. Namun dua hari sebelum meninggal, Ratu telah bertemu dengan Liz Truss dan secara resmi menunjuknya sebagai perdana menteri.

Elizabeth naik takhta pada 1952. Dia naik takhta pasca-kekaisaran pertama Inggris. Ratu berperan penting dalam terbentuknya Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang kini memiliki anggota 56 negara. Dia telah bertemu dengan hampir seluruh tokoh besar dari politik hingga hiburan dan olahraga, termasuk Nelson Mandela, Paus Yohanes Paulus II, The Beatles, Marilyn Monroe, Pele dan Roger Federer.

Kematian Ratu tidak hanya mengejutkan publik Inggris, namun seluruh dunia. Beberapa negara seperti Brasil, Yordania, dan Kuba menetapkan hari berkabung nasional untuk menghormati Ratu. Bahkan Paris, Washington, dan Moskow juga turut berkabung. 

"Ratu Elizabeth II tidak diragukan lagi adalah sosok paling terkenal di dunia, orang yang paling banyak difoto dalam sejarah, orang yang paling dikenal. Fakta bahwa para pemimpin dunia akan datang ke London untuk pemakaman, telah mewakili banyak hal tentang sosok ikonik ini," kata sejarawan Anthony Seldon kepada Reuters.

Kepala transportasi Inggris memperkirakan satu juta orang akan berada di pusat Kota London untuk menyaksikan pemakaman Ratu. Sementara Polisi menggelar operasi keamanan terbesar dalam sejarah.

Elizabeth dimakamkan bersama Pangeran Philip di King George VI Memorial Chapel. Saudara perempuannya, Putri Margaret, dan orang tua Elizabeth juga dimakamkan di tempat tersebut.

 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement