Ahad 16 Oct 2022 16:59 WIB

PM Australia Kunjungi Wilayah Banjir

PM Australia kunjungi sejumlah wilayah di negara bagian Victoria yang dilanda banjir

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Perdana Menteri Australia Anthony Albanese pada Ahad (16/10/2022) mengunjungi sejumlah wilayah di negara bagian Victoria yang dilanda banjir, termasuk Kota Melbourne
Foto: EPA-EFE/BIANCA DE MARCHI
Perdana Menteri Australia Anthony Albanese pada Ahad (16/10/2022) mengunjungi sejumlah wilayah di negara bagian Victoria yang dilanda banjir, termasuk Kota Melbourne

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Perdana Menteri Australia Anthony Albanese pada Ahad (16/10/2022) mengunjungi sejumlah wilayah di negara bagian Victoria yang dilanda banjir, termasuk Kota Melbourne. Tiga negara bagian tenggara Australia terus bergulat dengan krisis banjir setelah hujan deras  berhari-hari.

"Warga Australia datang bersama, mereka saling membantu dan sekali lagi kita melihat saat-saat terburuk, dan yang terbaik dari karakter Australia," kata Albanese di Melbourne, ketika pembersihan banjir besar sedang berlangsung.  

Wilayah Victoria, wilayah selatan New South Wales dan wilayah utara Tasmania berada di bawah peringatan banjir, akibat hujan deras.  Krisis itu terjadi setelah negara bagian timur Australia dilanda banjir parah pada awal 2022 saat negara itu mengalami peristiwa cuaca La Nina ketiga berturut-turut, yang mengakibatkan hujan lebat.

Albanese mengatakan, peristiwa cuaca yang sangat buruk telah melanda masyarakat perkotaan dan regional. Sebanyak 60 personel Angkatan Pertahanan Australia membantu evakuasi dan menempatkan karung pasir untuk menahan banjir.

Albanese mengumumkan, pencairan darurat sebesar 1000 dolar Australia atau 620 dolar AS kepada warga Victoria yang terkena dampak banjir. Banjir di Victoria adalah yang terburuk, terutama di Kota Shepparton. Ribuan penduduk di kota itu menerima pemberitahuan  bahwa, mereka sudah terlambat untuk mengungsi karena air naik. Rekaman di media sosial menunjukkan penduduk Shepparton menggunakan kayak di jalan-jalan yang banjir dan sebagian besar kota terendam air.

Di Melbourne, ribuan penduduk mengepel setelah Sungai Maribyrnong meluap pada Jumat (14/10/2022), membanjiri pinggiran kota yang dekat dengan kawasan pusat bisnis. Tembok penahan banjir yang kontroversial menyelamatkan arena pacuan kuda Flemington yang ikonik di Melbourne dari kebanjiran. Tetapi beberapa orang menyalahkan tembok itu, karena memperburuk banjir di daerah pemukiman terdekat.

Pihak berwenang Victoria melaporkan kematian banjir pertama pada Sabtu (15/10/2022), setelah jasad seorang pria ditemukan di di Rochester, sekitar 200 kilometer utara Melbourne. Di seberang perbatasan di New South Wales, 74 peringatan diberlakukan pada Ahad. Pihak berwenang sangat prihatin dengan banjir di kota-kota pedalaman yaitu Forbes, Narrandra dan Moama. Sementara di Tasmania, ada 22 peringatan banjir saat ini. Sebagian besar berlokasi di dekat Launceston atau kota terbesar kedua di negara bagian pulau itu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement