Selasa 01 Nov 2022 19:46 WIB

Rusia Denda Yayasan Wikipedia 2 Juta Rubel

Denda diberlakukan karena Wikipedia tidak menghapus artikel yang diminta dihapus.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi Wikipedia. Pengadilan Rusia memberlakukan denda Wikimedia Foundation pemilik situs Wikipedia sebesar 2 juta rubel
Foto: www.psychologicalscience.org
Ilustrasi Wikipedia. Pengadilan Rusia memberlakukan denda Wikimedia Foundation pemilik situs Wikipedia sebesar 2 juta rubel

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Pengadilan Rusia memberlakukan denda Wikimedia Foundation pemilik situs Wikipedia sebesar 2 juta rubel atau 32.600 dolar AS. Denda itu dijatuhkan atas artikel yang berkaitan dengan Ukraina.

Kepala Yayasan Wikipedia Rusia Stanislav Kozlovsky mengatakan denda diberlakukan karena tidak menghapus artikel yang diminta dihapus. Ia mengatakan yayasan akan mengajukan banding.

Baca Juga

"Kami masih memiliki posisi prosedur hukum yang kuat, sehingga kami masih memiliki alasan kami yakin akan berhasil dan putusan bulan April dicabut," kata Kozlovsky mengenai total denda sebelumnya sebesar 5 juta rubel, Selasa (1/11/2022).

Dua artikel dalam bahasa Rusia yang berjudul "perlawanan tanpa kekerasan warga sipil Ukraina dalam invasi Rusia" dan "evaluasi invasi Rusia ke Ukraina 2022."

Kozlovsky mengatakan ada resiko jumlah kasus yang dihadapi yayasan Wikipedia akan bertambah. Ia menambahkan banyak artikel tentang invasi Rusia ke Ukraina dan hanya ada tiga yang masuk pengadilan sejauh ini.

Rusia menyebut perang Ukraina sebagai "operasi militer khusus."

sumber : Reuters
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement