Sabtu 05 Nov 2022 12:39 WIB

China Bakal Dorong Lebih Banyak Investasi Asing

Xi menyebut China akan terus membuka diri dan bekerja sama dengan negara lain.

Rep: Lintar Satria/ Red: Dwi Murdaningsih
 Presiden China Xi Jinping.
Foto: AP/Ng Han Guan
Presiden China Xi Jinping.

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI -- Presiden Xi Jinping mengatakan China akan terus membuka diri dan bekerja sama dengan semua negara untuk berbagai kesempatan. Hal ini ia sampaikan dalam pidato pembukaan China International Import Expo (CIIE).

Melalui siaran video, Xi mengatakan Xi akan mendorong lebih banyak investasi asing dan mempercepat proyek-proyek pembangunan seperti pelabuhan perdagangan bebas Hainan.

Baca Juga

"China akan meminta semua negara dan pihak berbagi kesempatan untuk memperdalam kerja sama internasional, berpartisipasi dalam dan penuh untuk mereformasi Organisasi Perdagangan Dunia, dan mempromosikan dan memfasilitasi liberalisasi perdagangan dan investasi," kata Xi, Jumat (4/11/2022).

Dalam Kongres bulan lalu lalu Xi memastikan masa jabatan yang ketiga sebagai sekretaris Partai Komunis yang berkuasa. Ia meminta partai berkuasa untuk siap menghadapi tantangan dan memperkuat keamanan nasional.

CIIE merupakan pameran yang fokus pada komoditas asing. Kegiatan ini pertama kali diselenggarakan di China pada tahun 2018 untuk memamerkan kredensial perdagangan bebasnya.

Panitia mengatakan acara yang digelar dari 5 sampai 10 Oktober ini diikuti perusahaan dari 127 negara dan kawasan. Perusahaan-perusahaan itu memamerkan produk dan jasa mereka. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement