Selasa 22 Nov 2022 08:14 WIB

Sejarah Hari ini: Presiden AS John F Kennedy Dibunuh

Lee Harvey Oswald yang dituduh sebagai pelaku pembunuhan John F Kennedy.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Orang-orang mengantre untuk memberikan suara dalam pemilihan paruh waktu di Perpustakaan John F. Kennedy, Selasa, 8 November 2022, di Hialeah, Florida.
Foto:

Ia bekerja di Minsk dan menikahi perempuan Uni Soviet dan pada tahun 1962 ia diizinkan pulang ke Amerika Serikat bersama istri dan putrinya yang masih bayi. Pada tahun 1963 ia membeli senjata api kaliber 38 dan senapan dengan teropong.

Pada 10 April ia menembak Jenderal Angkatan Darat Edwin Walker tapi meleset. Walker tokoh yang dikenal dengan pandangan ekstrim kanannya. Pada bulan itu Oswald pergi ke New Orleans dan mendirikan cabang Fair Play of Cuba Committee, organisasi pro-Castro.

Pada tahun 1963 ia pergi ke Mexico City, penyelidikan menemukan ia mencoba mendapatkan visa untuk dapat terbang ke Kuba dan kembali ke Uni Soviet. Pada Oktober ia kembali ke Dallas dan mendapat pekerjaan di Texas School Book Depository Building.

Kurang dari satu jam setelah Kennedy ditembak, Oswald membunuh polisi yang bertanya padanya di jalan dekat rumah kosnya di Dallas. Tiga puluh menit kemudian, Oswald ditahan di bioskop oleh polisi yang menanggapi laporan tersangka. Ia resmi ditahan pada 23 November atas pembunuhan Presiden Kennedy dan petugas polisi JD Tippit.

Pada 24 November Oswal dibawa dari rubana kantor pusat kepolisian Dallas menuju penjara kota yang lebih aman. Kerumunan polisi dan pers dengan kamera televisi berkumpul untuk menayangkan kepindahannya.

Saat Oswald tiba di sebuah ruangan, Jack Ruby muncul dari kerumunan dan menembak Oswald dengan satu tembakan pistol kaliber 38. Ruby yang segera ditahan mengklaim kematian Kennedy merupakan motifnya. Beberapa orang menilai dirinya sebagai pahlawan, tapi ia tetap didakwa dengan pasal pembunuhan tingkat pertama.

Pada Oktober 1966 Pengadilan Banding Texas membatalkan keputusan itu dengan menyatakan kesaksian tidak tepat dan fakta Ruby tidak dapat menerima pengadilan yang adil di Dallas saat itu. Pada Januari 1967 saat menunggu sidang baru  Ruby meninggal dunia akibat kanker paru-paru di rumah sakit Dallas.

Laporan Komisi Warren pada tahun 1964 menyatakan baik Oswald maupun Ruby bagian dari konspirasi yang lebih besar baik di dalam maupun luar negeri dalam kasus pembunuhan Presiden Kennedy. Meski kesimpulan yang sudah ditetapkan tapi laporan itu gagal membungkam teori konspirasi seputar peristiwa itu.

Pada Tahun 1978 Komite Terpilih House of Representative mengenai pembunuhan tersebut menyimpulkan laporan awal Kenney "mungkin dibunuh akibat sebuah konspirasi" yang melibatkan beberapa penembak dan organisasi kejahatan. Seperti temuan Komisi Warren, temuan House juga masih diperdebatkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement