Senin 28 Nov 2022 20:39 WIB

China Perketat Keamanan di Sejumlah Kota Menyusul Protes Meluas

Polisi China berpatroli mengawasi kota untuk mengantisipasi aksi protes lanjutan.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha
 Para pengunjuk rasa berteriak sambil memegang kertas putih kosong selama protes yang dipicu oleh kebakaran di Urumqi yang menewaskan 10 orang di Beijing di Beijing, China,  Ahad, 27 November 2022. Protes terhadap pembatasan Covid yang ketat di China telah meletus di berbagai kota termasuk Beijing dan Shanghai, dipicu oleh kebakaran menara yang menewaskan 10 orang ibu kota Xinjiang, Urumqi. Potongan kertas kosong adalah simbol protes terhadap sensor dan kebebasan berbicara.
Foto: EPA-EFE/MARK R.CRISTINO
Para pengunjuk rasa berteriak sambil memegang kertas putih kosong selama protes yang dipicu oleh kebakaran di Urumqi yang menewaskan 10 orang di Beijing di Beijing, China, Ahad, 27 November 2022. Protes terhadap pembatasan Covid yang ketat di China telah meletus di berbagai kota termasuk Beijing dan Shanghai, dipicu oleh kebakaran menara yang menewaskan 10 orang ibu kota Xinjiang, Urumqi. Potongan kertas kosong adalah simbol protes terhadap sensor dan kebebasan berbicara.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Pihak berwenang China memperketat pengamanan hingga memasang penghalang di sejumlah area pusat kota Shanghai dan Beijing pada Senin (28/11/2022). Selama akhir pekan lalu, dua kota terbesar itu menjadi titik lokasi aksi demonstrasi menentang diberhentikannya kendali penguncian ketat.

Pada Senin, jalan-jalan di Shanghai diblokir dengan penghalang logam biru guna mencegah kerumunan. Polisi dengan rompi visibilitas tinggi dilaporkan tengah berpatroli saat mobil polisi dan sepeda motor melintas.

Baca Juga

Menurut keterangan staf toko di Shanghai, toko-toko dan kafe di daerah itu diminta untuk tutup. Sebelumnya pada Ahad (27/11/2022) malam, pengunjuk rasa bentrok dengan polisi di Shanghai yang membawa satu bus penuh orang.

Sementara di Beijing, polisi juga dilaporkan memperketat keamanannya pada Senin. Pihak berwenang di Beijing berpatroli di tempat-tempat para pengunjuk rasa melakukan aksi protes akhir pekan lalu.

Belakangan, di beberapa kota hingga sejumlah universitas, para pengunjuk rasa menunjukkan pembangkangan sipil yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak pemimpin Xi Jinping mengambil alih kekuasaan satu dekade lalu. Selama masa jabatannya, Xi telah mengawasi penumpasan perbedaan pendapat dan perluasan sistem pengawasan sosial berteknologi tinggi yang telah membuat protes menjadi lebih sulit dan lebih berisiko.

"Yang kami keberatan adalah pembatasan hak-hak orang atas nama pencegahan virus, dan pembatasan kebebasan individu dan mata pencaharian masyarakat," kata Jason Sun, seorang mahasiswa di Shanghai.

Pada Senin memang tidak ada tanda-tanda protes baru baik di Beijing atau Shanghai. Namun puluhan polisi berada di daerah di mana demonstrasi akhir pekan berlangsung.

Juru bicara kementerian luar negeri China Zhao Lijian menanggapi kemarahan warga yang meluas atas kebijakan nol Covid negaranya. "Apa yang Anda sebutkan tidak mencerminkan apa yang sebenarnya terjadi," katanya.

"Kami percaya bahwa dengan kepemimpinan Partai Komunis China, dan kerja sama serta dukungan rakyat China, perjuangan kami melawan COVID-19 akan berhasil," imbuhnya.

Reaksi terhadap pembatasan Covid China dinilai menjadi momok kemunduran bagi upaya China memberantas virus. Kebijakan nol Covid dinilai ampuh mempertahankan angka kematian resmi China dalam ribuan, dibandingkan dengan lebih dari satu juta di Amerika Serikat (AS).

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement