Jumat 02 Dec 2022 10:51 WIB

Turis Berdatangan untuk Nikmati Letusan Gunung Berapi di Hawaii

Hotel-hotel di sekitar Hilo penuh dipesan dan tur helikopter kian diminati di Hawaii.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
 Gambar udara milik Departemen Pertanahan dan Sumber Daya Alam Hawaii ini menunjukkan aliran lahar di Mauna Loa, gunung berapi aktif terbesar di dunia, pada Rabu, 30 November 2022, dekat Hilo, Hawaii.
Foto:

Brett Steen terbang dari Oahu ke pulau Hawaii bersama orang tuanya dalam perjalanan yang dipesan beberapa bulan lalu. Gunung berapi mulai meletus tepat sebelum kedatangan mereka di Big Island.

“Ini bagian bonus dari perjalanan kami. Kami sangat senang bisa keluar dari sini," kata Steen.

Juru bicara Taman Nasional Gunung Api Hawaii Jessica Ferracane mengatakan, banyak pengunjung mengetahui tentang Mauna Loa tetapi tidak menyadari bahwa Kilauea, gunung berapi yang lebih kecil, juga sedang meletus. Pengunjung dapat melihat keduanya dari berbagai tempat di dekat kaldera yang terakhir.

“Itu belum pernah terjadi sejak 1984. Ini adalah waktu yang sangat istimewa untuk berada di sini,” kata Ferracane.

Jumlah pengunjung taman belum meningkat sejak letusan Mauna Loa dimulai 27 November malam. Namun dia memperkirakan akan meningkat akhir minggu depan sejalan dengan pola musiman normal.

Saddle Road yang berada di luar Taman Nasional Gunung Api Hawaii mungkin tidak akan lama menjadi tempat tontonan utama. Lava merah-panas merayap ke arahnya. Ilmuwan yang bertanggung jawab di Hawaiian Volcano Observatory Ken Hon mengatakan, arus telah melambat dan berada pada 5,3 kilometer selatan jalan raya pada Kamis (1/12/2022). Pada tingkat itu, katanya, diperkirakan setidaknya seminggu sebelum tiba.

"Kami tidak benar-benar tahu ke arah mana aliran lahar pada akhirnya akan pergi," kata Hon.

Gubernur Hawaii David Ige telah mengeluarkan status darurat untuk memungkinkan responden tiba dengan cepat atau membatasi akses sesuai kebutuhan. Jika lahar melintasi jalan raya, Garda Nasional Hawaii dapat membantu merencanakan alternatif dan mencoba membuat rute jalan pintas.

 

Mauna Loa terakhir meletus pada 1984. Letusan saat ini adalah yang ke-34 sejak pencatatan tertulis dimulai pada 1843. Tetangganya yang lebih kecil, Kilauea, telah meletus sejak September 2021. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement