Ahad 11 Dec 2022 14:26 WIB

Erdogan akan Akhiri Jabatannya Pada 2023

Erdogan mengatakan sudah waktunya menyerahkan tongkat estafet ke generasi muda.

Rep: Mabruroh/ Red: Friska Yolandha
 Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memberi isyarat saat berbicara dalam konferensi pers di sela-sela KTT Pemimpin G20 di Nusa Dua di Bali, Indonesia pada Rabu, 16 November 2022.
Foto: AP Photo/Firdia Lisnawati
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memberi isyarat saat berbicara dalam konferensi pers di sela-sela KTT Pemimpin G20 di Nusa Dua di Bali, Indonesia pada Rabu, 16 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Presiden Turki Presiden Recep Tayyip Erdogan mengisyaratkan pada hari Sabtu bahwa dia akan mencalonkan diri untuk terakhir kalinya tahun depan, seraya mengatakan bahwa sudah waktunya bagi ia untuk menyerahkan tongkat estafet kepada genarasi muda.

"Mudah-mudahan pada tahun 2023 kita akan memulai pembangunan abad Turki dengan kekuatan yang akan kita terima dari dukungan bangsa kita untuk terakhir kalinya atas nama kita. Bendera keramat ini akan kami serahkan kepada generasi muda kami,” kata Erdogan dalam pidatonya di Samsun, sebuah kota di Turki utara, dilansir dari Saudi Gazette, Ahad (11/12/2022).

Baca Juga

Turki akan mengadakan pemilihan nasional pada 2023. Partai AKP Erdoğan ingin tetap memegang kendali, yang telah berkuasa sejak tahun 2003. Namun, mereka telah mengalami pukulan telak dalam jajak pendapat karena gejolak ekonomi baru-baru ini, yang dianggap oleh para ahli sebagai penurunan akibat salah urus pemerintah.

Inflasi yang memecahkan rekor dan lira yang runtuh dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi kekhawatiran bagi banyak orang Turki, yang telah melihat standar hidup mereka anjlok. Berbicara pada Sabtu, Erdogan mengatakan bahwa Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) miliknya telah menjadikan Turki sebagai pemain kunci di panggung dunia. 

“Kami tidak hanya memecahkan masalah kuno selama 20 tahun,” katanya. 

“Kami telah membangun infrastruktur layanan yang bahkan membuat iri negara maju. Sekarang, mereka mengatakan Turki adalah negara yang sangat berbeda. Setiap krisis global kondusif untuk pemahaman yang lebih baik tentang kekuatan negara kita,” kata Erdogan.

Pada Oktober, Biro Statistik Turki melaporkan bahwa inflasi mencapai level tertinggi dalam 24 tahun sebesar 85,51 persen, meskipun banyak yang mengklaim tingkat sebenarnya kemungkinan lebih tinggi.

Sementara itu, nilai tukar lira Turki telah runtuh selama beberapa tahun terakhir, meningkatkan biaya barang impor dan merusak daya beli bisnis dan rumah. Pada September 2021, 1 dolar bernilai sekitar 8 lira Turki, namun pada Oktober 2022 jumlahnya melonjak menjadi hampir 19. 

Selama pidato yang disampaikan pada upacara pembukaan Rumah Sakit Negara Bagian Vezirköprü, Erdogan menyoroti rekam jejaknya. “Kami melihat kekuatan kapasitas lapangan kerja kami pada saat ada pembicaraan tentang penyusutan ekonomi. Dalam krisis energi, kami melihat kekuatan investasi kami untuk memobilisasi peluang kami di tingkat tertinggi. 

“Dalam setiap krisis, kami mengembangkan potensi kami untuk meraih peluang baru, dengan mengandalkan kekuatan kami sendiri,” ujarnya.

Pada Oktober, Erdogan mengulangi keinginannya yang sudah lama ada untuk menyiapkan konstitusi Turki baru yang “demokratis, sederhana, dan visioner”. 

Proyek ini telah dianggap oleh beberapa pengamat sebagai keinginan untuk mengubah batas maksimal dua masa jabatan presiden, yang diatur oleh konstitusi Turki. 

“Setiap pilihan adalah persimpangan jalan,” kata Erdogan, mengacu pada pemilihan yang akan datang. “Bangsa kami telah menjadikan kami yang pertama dalam 15 pemilihan dan menggunakan keinginannya untuk bergerak maju menuju Turki yang hebat dan kuat.” 

“Tentu saja, seseorang yang telah menjalankan negara selama bertahun-tahun mungkin memiliki kekurangan dan kesalahan,” tambahnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement