Senin 12 Dec 2022 06:29 WIB

Sejarah Hari Ini: Kenya Jadi Republik Setelah Merdeka dari Inggris

Presiden pertama Kenya adalah Jomo Kenyatta.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha
Bendera Kenya berkibar di tengah awan hujan di Nairobi, Kenya, 25 Oktober 2017.
Foto: EPA-EFE/Kabir Dhanji
Bendera Kenya berkibar di tengah awan hujan di Nairobi, Kenya, 25 Oktober 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pada 12 Desember 1964, Kenya menjadi negara Republik setelah setahun merdeka dari Inggris. Presiden pertama Kenya adalah Jomo Kenyatta.

Dilansir dari Britannica, Senin (12/12/2022), pada 1957 pemilihan langsung pertama untuk orang Afrika ke Dewan Legislatif berlangsung. Mereka yang terpilih meningkatkan agitasi rakyat untuk pembebasan Jomo Kenyatta dari tahanan.  

Baca Juga

Kemudian pada 1962 Kenyatta dibebaskan dan ditunjuk menjadi Perdana Menteri Kenya yang pertama. Pada 12 Desember 1963 Kenya merdeka dari Inggris hingga satu tahun kemudian Kenya menjadi Republik dengan Kenyatta sebagai Presiden pertamanya. 

Pada tahun yang sama Kenya bergabung dengan Persemakmuran Inggris. Kenya kemudian membentuk partai. Pada 1966, sebuah partai oposisi sayap kiri yang kecil namun signifikan, Persatuan Rakyat Kenya (KPU), dibentuk oleh Jaramogi Oginga Odinga, mantan wakil Presiden.

KPU dilarang tidak lama kemudian dan pemimpinnya ditangkap pada 1969 dan Kenya menjadi negara partai tunggal “de facto”.  Setelah kematian Kenyatta pada Agustus 1978, Wakil Presiden Daniel Arap Moi menggantikannya sebagai Presiden kedua Kenya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement