Selasa 20 Dec 2022 13:26 WIB

Siprus Pertimbangkan Saluran Pipa Gas dari Israel

Siprus mempertimbangkan proposal untuk saluran pipa gas dari Israel

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Pemerintah Siprus sedang mempertimbangkan proposal untuk saluran pipa yang akan membawa gas alam dari Israel ke negara itu.
Foto:

Sedangkan ExxonMobil dan konsorsium Eni-Total harus melihat jumlah yang ditemukan di blok tempat mereka memegang lisensi dalam menentukan opsi mana yang terbaik untuk membawa gas ke pasar. Pengolahan itu, menurut Pilides, akan memasok sebagian untuk kebutuhan energi Siprus.

Pilides mengatakan, Eni/Total diperkirakan akan mengumumkan rencana dalam beberapa hari ke depan. Upaya ini akan memungkinkan untuk mempercepat eksplorasi dan pengembangan blok 6.

Analisis Forum Gas Mediterania Timur mengatakan, ada cukup gas alam di wilayah Mediterania timur untuk diekspor hingga setidaknya 2050. Badan itu terdiri dari delapan negara, termasuk Yunani, Italia, Mesir, Siprus, Israel, Prancis, Yordania, dan Palestina.

Sementara itu, Siprus mempercepat transisinya ke energi hijau dengan sejumlah proyek, termasuk pembangunan kabel tenaga listrik yang menghubungkan Israel, Siprus, dan Yunani. Menurut Pilides, upaya ini akan membantu mencegah pemadaman listrik.

Rintangan utama yang perlu diatasi Siprus jika ingin mengekspor energi skala besar adalah memperluas fasilitas penyimpanan listriknya dan memanfaatkan teknologi baru untuk mengatasi ruang terbatasnya untuk memasang ladang surya. Salah satu solusi tersebut, menurut Pilides, adalah panel surya terapung.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement