Selasa 27 Dec 2022 20:27 WIB

Etnis Serbia Dirikan Barikade di Kosovo Utara

Serbia tempatkan tentaranya pada siaga tempur tertinggi.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Dalam foto yang disediakan oleh Layanan Pers Kementerian Pertahanan Serbia ini, howitzer meriam self-propelled 155 mm tentara Serbia terlihat pada posisi dekat garis administratif dengan Kosovo, Serbia selatan, Senin, 26 Desember 2022. Kosovo tetap menjadi titik api potensial di wilayah tersebut. Balkan bertahun-tahun setelah perang 1998-99 yang berakhir dengan intervensi NATO. Serbia tidak mengakui deklarasi kemerdekaan bekas provinsinya pada 2008, sementara upaya Barat untuk menengahi solusi sejauh ini gagal.
Foto:

Kosovo menambahkan polisi memiliki kapasitas dan kesiapan untuk bertindak tetapi sedang menunggu pasukan penjaga perdamaian KFOR Kosovo NATO yang mempertahankan peran netral. Pasukan NATO menanggapi permintaan untuk menghapus barikade.

"Kami mendesak semua pihak untuk membantu mengaktifkan keamanan dan kebebasan bergerak di Kosovo, dan mencegah narasi yang menyesatkan mempengaruhi proses dialog," kata KFOR dalam sebuah pernyataan.

Di Mitrovica pada Selasa pagi, truk-truk diparkir untuk memblokir jalan yang menghubungkan bagian kota dengan mayoritas warga beretnis Serbia dengan bagian mayoritas beretnis Albania. Orang Serbia setempat menuntut pembebasan petugas yang ditangkap dan memiliki tuntutan lain sebelum melepas barikade.

 

Wali Kota etnis Serbia di kota utara, bersama dengan hakim lokal, dan sekitar 600 petugas polisi, mengundurkan diri bulan lalu. Tindakan itu sebagai protes atas keputusan pemerintah Kosovo untuk mengganti pelat nomor mobil yang dikeluarkan Serbia dengan yang dikeluarkan oleh Pristina. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement