Senin 02 Jan 2023 14:29 WIB

Korsel dan AS Bahas Penggunaan Aset Nuklir Dalam Latihan Gabungan

Korsel adan AS berencana dan latihan gabungan menggunakan aset nuklir

Rep: Lintar Satria / Fergi Nadira / Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol mengatakan negaranya dan Amerika Serikat (AS) membahas kemungkinan rencana dan latihan gabungan menggunakan aset nuklir AS.
Foto: EPA-EFE/YONHAP
Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol mengatakan negaranya dan Amerika Serikat (AS) membahas kemungkinan rencana dan latihan gabungan menggunakan aset nuklir AS.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol mengatakan negaranya dan Amerika Serikat (AS) membahas kemungkinan rencana dan latihan gabungan menggunakan aset nuklir AS. Langkah yang diambil dalam menghadapi ancaman nuklir dan rudal dari Korea Utara (Korut).

Surat kabar Chosun Ilbo mengutip Yoon yang mengatakan rencana dan latihan gabungan itu bertujuan agar implementasi "perluasan deterasi" AS lebih efektif. Istilah itu merujuk pada kemampuan militer AS terutama pasukan nuklir mencegah serangan terhadap sekutu AS.

Baca Juga

"Senjata nuklir milik Amerika Serikat, tapi rencana, informasi yang dibagikan, latihan dan pelatihan harus dilakukan bersama-sama antara Korea Selatan dan Amerika Serikat," kata Yoon, Senin (2/12/2023).

Ia menambahkan Washington juga "cukup positif" mengenai gagasan itu. Pernyataan Yoon disampaikan satu hari setelah media pemerintah Korut melaporkan pemimpin Korut Kim Jong-un mendorong pengembangan rudal antar-benua dan senjata nuklir untuk menghadapi ancaman dari AS di tengah persaingan antara Korea yang semakin memanas.

Pada Ahad (1/1/2023) kemarin Korut menembakan sebuah rudal balistik jarak pendek ke laut timurnya. Dalam uji coba Tahun Baru setelah luncurkan tiga rudal pada Sabtu (31/12/2022).  

Sementara itu Yoon mengatakan mempertahankan Perjanjian Non Proliferasi Senjata Nuklir untuk denuklirisasi Semananjung Korea masih penting.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement