Kamis 12 Jan 2023 07:51 WIB

Biden-Kishida akan Bahas Keamanan dan Ekonomi Global

Pembicaraan Biden dan Kishida kemungkinan akan mencakup kontrol ekspor semikonduktor

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida diperkirakan akan membahas masalah keamanan bersama dan ekonomi global pada Jumat (13/1/2023).
Foto: AP/Evan Vucci
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida diperkirakan akan membahas masalah keamanan bersama dan ekonomi global pada Jumat (13/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida diperkirakan akan membahas masalah keamanan bersama dan ekonomi global pada Jumat (13/1/2023). Pembicaraan antara sekutu dekat itu kemungkinan akan mencakup kontrol ekspor semikonduktor ke saingan strategis mereka, China, setelah AS mengumumkan pembatasan ketat tahun lalu.

Pejabat senior pemerintahan Biden menyatakan, Washington bekerja sama erat dengan Tokyo dalam masalah ini dan percaya keduanya memiliki visi yang sama, bahkan jika struktur hukum mereka berbeda. Semakin banyak negara dan pemain penting yang mendukung pengaturan tersebut, maka semakin efektif.

"Akan ada diskusi tentang teknologi dan tentang pentingnya menjaga keuntungan kita sendiri dan memastikan bahwa kita menerapkan kontrol dan pengamanan yang tepat untuk melakukannya," kata pejabat itu.

Kishida mengatakan, mendukung upaya Biden untuk membatasi akses China ke semikonduktor canggih dengan pembatasan ekspor. Namun, dia belum setuju untuk mencocokkan pembatasan ekspor peralatan manufaktur chip yang diberlakukan pemerintah AS pada Oktober.

"Kami bekerja sangat efektif dengan mereka. Saya pikir ada visi tantangan yang sangat, sangat mirip. Jelas, Anda memiliki sistem yang berbeda, struktur hukum yang berbeda, jadi sulit untuk mengatakan bahwa itu akan persis sama, tetapi saya tidak Saya kira orang Jepang mempertanyakan premis dasar bahwa kita perlu bekerja sama secara erat dalam hal ini," ujar pejabat AS itu saat ditanya kesepakatan antara kedua belah pihak tentang masalah itu.

Pejabat itu mengatakan, ancaman dari Korea Utara, pembangunan militer China, dan invasi Rusia ke Ukraina telah mendorong Jepang untuk mengambil peran keamanan yang lebih tinggi. Tindakan itu mengacu pada reformasi pertahanan Jepang yang diumumkan bulan lalu.

"Apa yang benar-benar luar biasa adalah bahwa 10 tahun yang lalu hal ini tidak terbayangkan," katanya.

Menurut pejabat AS yang berbicara menjelang pertemuan menteri luar negeri dan pertahanan AS pada Rabu (11/1/2023), Pasal 5 perjanjian keamanan AS-Jepang akan diperluas untuk mencakup ruang angkasa. "Intinya apa yang kami katakan adalah kami akan mengumumkan bahwa jaminan keamanan kami juga berlaku di ruang angkasa," katanya.

Mengenai tetangga Jepang, Korea Utara, pejabat itu mengatakan, keputusan negara bersenjata nuklir itu untuk meningkatkan kekuatan nuklirnya secara eksponensial. Pyongyang mengkodifikasi haknya untuk serangan pertama dan retorika keras dengan jelas mengubah realitas strategis dan membuat prospek uji coba nuklir Korea Utara jauh lebih tidak stabil.Dia mengatakan pandangan AS tetap sama, bahwa tes yang akan menjadi yang pertama sejak 2017 bisa datang kapan saja.

Pejabat itu mengatakan, AS memiliki kekhawatiran tentang penegakan sanksi terhadap Korea Utara oleh Rusia dan China. Washington ingin melihat penegakan yang lebih kuat. “Kenyataannya adalah Korea Utara memilih untuk memprioritaskan program misil mereka di atas banyak hal lainnya,” katanya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement