Ahad 15 Jan 2023 16:46 WIB

Empat Fakta Inovasi Kota Davos, Tuan Rumah World Economic Forum

Kota Davos memungkinkan ekosistem inovasi berkembang.

Lokasi Fiorum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss. Semangat inovasi dan kemajuan semakin mudah ditemukan di Kota Davos pada sepanjang tahun.
Foto: VOA
Lokasi Fiorum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss. Semangat inovasi dan kemajuan semakin mudah ditemukan di Kota Davos pada sepanjang tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kota pegunungan Davos, Swiss, menjadi berita utama setiap tahunnya karena menampung lebih dari 2.500 orang dari pemerintahan, dunia bisnis, dan masyarakat sipil, untuk membahas tantangan dunia pada World Economic Forum Annual Meeting.

Semangat inovasi dan kemajuan semakin mudah ditemukan di Kota Davos pada sepanjang tahun. Berikut adalah empat fakta inovasi Kota Davos.

Baca Juga

1. Kota ilmu pengetahuan

Swiss adalah pusat inovasi, berkat sistem pendidikannya yang luar biasa, ukurannya yang kecil, dan kemampuan untuk membiayai proyek, ini memungkinkan ekosistem inovasi berkembang dan terus berkembang. World Intellectual Property Organization baru-baru ini melabeli Swiss sebagai negara paling inovatif di dunia, mengungguli AS dan Swedia.

Davos sendiri adalah kota ski terkenal di timur Swiss dan dengan ketinggian 1.560 meter di atas permukaan laut. Ini menjadikan Davos kota tertinggi di Pegunungan Alpen, dengan populasi lebih dari 10 ribu orang. Selain olahraga musim dingin dan aktivitas gunung tradisional, tempat ini menjadi tuan rumah Piala Spengler (disebut juga sebagai turnamen hoki es tertua di dunia) hampir setiap tahun sejak 1923.

Pada 2030, kota ini ditetapkan untuk menjadi tujuan iklim netral pertama di Swiss dengan semua tamu dan pebisnis bersama-sama mendanai Climate Fund Davos, yang mendukung proyek pengurangan emisi karbon di resor.

Selain menjadi tujuan wisata terkenal, Davos juga menjadi rumah bagi banyak organisasi inovatif. Kota ini telah dikenal sebagai pusat keunggulan ilmiah selama lebih dari 100 tahun dan memiliki reputasi medis yang kuat. Ini diabadikan oleh penggambaran fiktif Thomas Mann tentang sanatorium kota untuk penderita tuberkulosis pada awal 1900-an.

2. Kemajuan medis

Saat ini, salah satu organisasi medis yang berbasis di sana adalah lembaga nirlaba AO Research Institute bertujuan untuk memajukan perawatan pasien ortopedi melalui penelitian dan pengembangan yang inovatif. Dengan jaringan global lebih dari 460 ribu profesi perawatan kesehatan, AO berupaya meningkatkan hasil dalam pengobatan trauma dan gangguan muskuloskeletal.

Setiap tahun, AO menyelenggarakan Kursus AO Davos, yang pada 2022 melibatkan peserta dan fakultas dari 77 negara untuk mengajar, belajar, dan merasakan bagaimana masa depan operasi bersifat digital. Sebanyak 21 kursus diadakan oleh AO Trauma, AO Spine, AO CMF, AO VET, AO Recon, dan AO Sports sepanjang acara unggulan selama 12 hari.

Di tempat lain di bidang medis, kota pegunungan ini juga menampung Swiss Institute of Allergy and Ashtma Research (SIAF), yang merupakan departemen dari Swiss Research Institutes for High Altitude Climate and Medicine Davos (SFI) dan lembaga afiliasi dari University of Zurich dan anggota Sekolah Pascasarjana Ilmu Kehidupan Zurich.

Berfokus pada penelitian di bidang alergi, asma, dan imunologi klinis untuk mencegah pengobatan preventif dan kuratif untuk kondisi tersebut, SIAF juga menyelenggarakan World Immune Regulation Meeting tahunan di Davos Congress Centre.

Penelitian di bidang pelengkap dilakukan di Christine Kühne-Center for Allergy Research and Education (CK-CARE), yang memiliki salah satu inisiatif swasta terbesar di Eropa di bidang alergi sejak didirikan di Davos, Munich, dan St Gallen pada 2009. Setelah evaluasi eksternal yang sukses atas layanannya oleh tim pakar internasional, inisiatif penelitian diperluas ke Zürich, Bonn, dan Augsburg, serta diperpanjang pada 2014 selama lima tahun lagi.

3. Penelitian meteorologi, radiasi, dan longsoran salju

Davos juga merupakan rumah bagi World Radiation Center (WRC), yang didirikan sebagai Physical Meteorological Observatory Davos (PMOD) pada 1907 dan memiliki mandat dari World Meteorological Organization untuk mempertahankan referensi standar dunia untuk pengukuran radiasi matahari. PMOD/WRC juga mengembangkan alat pengukur radiasi untuk digunakan di darat dan di luar angkasa, serta menyelidiki pengaruh radiasi matahari terhadap iklim bumi. Beberapa stafnya juga merupakan profesional atau dosen di ETH Zurich.

Secara khusus, mengingat lokasi pegunungannya, Davos juga merupakan rumah bagi WSL Institute for Snow and Avalanche Research. Institut yang mempekerjakan 140 peneliti dan staf teknis dari seluruh dunia untuk mempelajari salju dan interaksinya dengan atmosfer.

Penelitian ini juga berfokus pada pembentukan, pergerakan, dan dampak longsoran serta pergerakan massal salju lainnya (mitigasi longsoran salju dalam pandangan manajemen risiko terpadu, permafrost, dan ekosistem pegunungan).

4. Teknologi baru

Organisasi ilmiah besar lainnya yang berbasis di Davos adalah Lab42 yang baru dibuka. Laboratorium penelitian artificial intelligent (AI) global ini bertujuan untuk menciptakan AI setingkat manusia untuk umat manusia, dan meningkatkan kualitas hidup dalam skala global. 

Dengan menyatukan bakat AI dari seluruh dunia, Lab42 berfokus pada tantangan yang tidak dapat diselesaikan dalam algoritme saat ini, melalui teknologi generasi baru yang lebih canggih daripada pendekatan berbasis pembelajaran mesin saat ini.

Saat para pemimpin dunia bertemu di pusat konferensi bulan ini, ada peluang bagi semangat inovasi Davos untuk menginspirasi mereka agar bersatu, mendorong batasan, dan menciptakan solusi baru. Ketika itu diluncurkan, semua warganya akan terus melakukan pekerjaan berwawasan ke depan yang benar-benar menjadikan kota ini model keunggulan ilmiah.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement