Rabu 18 Jan 2023 09:37 WIB

Jerman Tunjuk Pejabat Daerah Sebagai Menteri Pertahanan

Boris Pistorius menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Negara Bagian Lower Saxony

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan ia akan menunjuk pejabat daerah, Boris Pistorius sebagai menteri pertahanan yang baru setelah Christine Lambrecht yang banyak dikritik mengundurkan diri.
Foto: AP Photo/Kay Nietfeld/dpa
Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan ia akan menunjuk pejabat daerah, Boris Pistorius sebagai menteri pertahanan yang baru setelah Christine Lambrecht yang banyak dikritik mengundurkan diri.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan ia akan menunjuk pejabat daerah, Boris Pistorius sebagai menteri pertahanan yang baru setelah Christine Lambrecht yang banyak dikritik, mengundurkan diri.

Pelaksana Tugas Menteri Pertahanan Boris Pistorius merupakan anggota partai berkuasa Social Democratic yang menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Negara Bagian Lower Saxony sejak 2013.

Baca Juga

"Saya sangat senang memenangkan Boris Pistorius, politisi luar biasa dari negara kami, untuk jabatan menteri pertahanan," kata Scholz dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (17/1/2023).

"Pistorius politisi berpengalaman, yang memiliki pengalaman administratif. Selama bertahun-tahun ia terlibat dalam kebijakan keamanan, dengan kompetensi, ketegasan, dan hatinya yang besar. Ia orang yang tepat untuk memimpin Bundeswehr (Angkatan Bersenjata Jerman) melalui era perubahan ini," tambahnya.

Juru bicara pemerintah Jerman Steffen Hebestreit mengatakan, Pistorius yang berusia 62 tahun dijadwalkan menerima pengesahan penunjukannya dari Presiden Frank-Walter Steinmeier dan mengambil sumpah di kantor parlemen pada Kamis (19/1/2023).

Dalam pernyataan tertulis Hebestreit mengatakan, seusai Lambrecht mengundurkan diri Kanselir berkonsultasi dengan anggota partainya dan pemimpin kelompok parlemen. Kemudian memutuskan Pistorius sebagai menteri pertahanan yang baru.

"Saya yakin orang ini akan cocok dengan pasukan dan para personel akan sangat menyukainya," kata Scholz pada wartawan.

Kanselir sendiri yang merekomendasikan pria berusia 62 tahun itu. "Kehormatan yang sangat besar bagi saya untuk menduduki jabatan ini," kata Pistorius.

"Saya tahu pentingnya tugas ini di saat ini, tugas ke depan bagi para prajurit sangat banyak, saya ingin memperkuat Bundeswehr untuk masa-masa yang akan datang," tambahnya.

Lambrecht mengundurkan diri pada Senin (16/1/2023). Pistorius menjabat sebagai menteri pertahanan saat Jerman memulai proyek modernisasi militer dan mengirimkan banyak senjata ke Ukraina selama perang dengan Rusia.

Ia juga langsung menyelami posisi barunya. Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dijadwalkan mengunjungi Berlin pekan ini. Pistorius akan menjadi tuan rumah sekutu di Pangkalan Udara Ramstein di Jerman barat. Pada Ahad (22/1/2023) Jerman dan Prancis dijadwalkan menggelar pembicaraan bilateral termasuk pertemuan dewan keamanan gabungan.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement