Rabu 22 Feb 2023 11:05 WIB

Xi Jinping Dilaporkan akan Berkunjung ke Rusia

Cina akan kembali menyerukan agar senjata nuklir tidak digunakan dalam perang tersebu

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Presiden Cina Xi Jinping dilaporkan akan berkunjung ke Moskow untuk bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin.
Foto: Kremlin Pool Photo via AP File
Presiden Cina Xi Jinping dilaporkan akan berkunjung ke Moskow untuk bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Presiden Cina Xi Jinping dilaporkan akan berkunjung ke Moskow untuk bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin. Dalam laporannya, Selasa (21/2/2023) surat kabar Amerika Serikat (AS) Wall Street Journal mengutip orang yang mengetahui rencana tersebut.

Dalam laporan itu disebutkan pertemuan Xi dan Putin akan menjadi bagian dari upaya mendorong pembicaraan multi-pihak mengenai perdamaian di Ukraina. Cina akan kembali menyerukan agar senjata nuklir tidak digunakan dalam perang tersebut.

Baca Juga

Wall Street Journal mengatakan persiapan kunjungan ini masih dalam tahap awal. Tanggal keberangkatannya juga belum ditetapkan.

Surat kabar itu menambahkan kemungkinan Xi akan datang ke Moskow pada bulan April atau awal Mei ketika Rusia merayakan kemenangan di Perang Dunia II dari Nazi Jerman.

Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi tiba di Moskow pada Selasa kemarin sebagai upaya Beijing meningkatkan upaya diplomatiknya untuk mendorong perdamaian di Ukraina. Wang Yi tiba di Rusia beberapa jam setelah Putin mengumumkan Rusia menangguhkan partisipasinya dalam perjanjian senjata nuklir dengan Amerika Serikat.

Wall Street Journal mengatakan tampaknya Wang juga akan membahas kunjungan Xi ke Moskow.

sumber : Reuters

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement