Ahad 26 Feb 2023 14:06 WIB

Pabrik-Pabrik Rusia Kerja Lembur untuk Buat Senjata Berteknologi Tinggi

Pabrik-pabrik di Rusia telah meningkatkan produksi senjata hingga sepuluh kali lipat.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
 Tentara Ukraina menembakkan senjata antipesawat ke posisi dekat Bakhmut, wilayah Donetsk, Ukraina timur. Pabrik-pabrik di Rusia telah meningkatkan produksi mereka sepuluh kali lipat.
Foto: EPA-EFE/SERGEY SHESTAK
Tentara Ukraina menembakkan senjata antipesawat ke posisi dekat Bakhmut, wilayah Donetsk, Ukraina timur. Pabrik-pabrik di Rusia telah meningkatkan produksi mereka sepuluh kali lipat.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia terus memperluas produksi pertahanannya dan memperkenalkan "teknologi terbaru" di pabrik-pabrik persenjataannya. Hal itu disampaikan beberapa sekutu utama Vladimir Putin, dilansir dari The Telegraph, Ahad (26/2/2023).

Langkah itu dilakukan di tengah tanda-tanda hubungan lebih lanjut bahwa Moskow nyaman dengan Beijing, seperti disampaikan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko yang akan mengunjungi Cina dalam beberapa hari mendatang. Kedatangan Lukashenko menyusul laporan bahwa kesepakatan drone mungkin sedang berlangsung.

Baca Juga

Mantan Presiden Rusia, Dmitry Medvedev sebelumnya mengolok-olok laporan intelijen Barat bahwa Moskow kekurangan senjata dan amunisi, dan harus menggunakan peralatan dasar Perang Dingin. Sebaliknya, dia mengatakan bahwa pabrik-pabrik di Rusia telah meningkatkan produksi mereka sepuluh kali lipat.

Tidak hanya itu, Rusia disebut juga meningkatkan senjata dengan peralatan Barat berteknologi tinggi yang ditangkap di medan perang. "Kami tidak hanya memperluas produksi, tetapi juga memperkenalkan teknologi terbaru, menyempurnakannya secara harfiah 'on the march'," katanya dalam sebuah artikel yang diterbitkan di majalah bulanan Pertahanan Nasional.

Medvedev mengklaim bahwa para insinyur dan ilmuwan Rusia belajar dari senjata Barat yang disita di Ukraina. “Kami juga telah mempelajari senjata musuh dengan cukup baik, yang diambil sebagai piala dan dibongkar sampai akhir di biro konstruksi militer kami. Kami mengubah pengalaman musuh menjadi keuntungan kami sendiri," kata Medvedev.

Terlepas dari sanksi Barat yang membuat Rusia kekurangan microchip vital, Kremlin telah mengalihkan ekonominya ke pijakan perang. Karyawan di pabrik senjata bekerja tiga shift dan dilindungi dari mobilisasi.

Ada laporan tentang pusat perbelanjaan yang diubah menjadi pabrik amunisi. Komentar itu muncul ketika Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan bahwa Rusia hampir kehabisan drone Iran setelah 24 pesawat ditembak jatuh oleh Ukraina pada awal Februari.

“Rusia telah kehabisan stoknya saat ini. Rusia kemungkinan akan mencari pasokan,” kata laporan tersebut. Namun alih-alih memproduksinya sendiri, ada laporan bahwa Kremlin mencari stok baru ke China.

Presiden Belarusia Lukashenko mengumumkan bahwa dia akan mengunjungi Cina pekan ini. Secara resmi, ini akan menjadi perjalanan tiga hari yang ditujukan untuk “memperbaiki hubungan bilateral” dengan Cina.

Namun, para analis mengatakan bahwa Belarusia tidak lebih dari negara bawahan Rusia dan Lukashenko sering bertindak sebagai utusan Putin dalam kunjungan luar negerinya dan menyampaikan pesan dari Kremlin – meningkatkan kemungkinan bahwa ia akan berusaha untuk menyegel kesepakatan tentang drone atau senjata lainnya.

Pejabat AS telah memperingatkan Cina tentang "konsekuensi" jika mendukung Rusia di perang Kremlin di Ukraina. Sementara Beijing belum secara resmi mendukung Putin, tapi Presiden Cina Xi Jinping juga menolak untuk mengkritik Moskow

Pada hari Sabtu, China memblokir pertemuan bersama G20 yang akan memasukkan kecaman atas invasi – sebuah keputusan yang oleh Christian Lindner, menteri keuangan Jerman, digambarkan sebagai aksi yang “disesalkan”.

Sementara pekan ini, Beijing telah mencoba untuk semakin menempatkan dirinya sebagai mediator. Penengah untuk mengakhiri konflik Rusia-Ukraina, bahkan menawarkan 12 poin “rencana perdamaian” yang secara luas dicemooh oleh AS dan Uni Eropa, yang juga sekutu Ukraina.

Tetapi Volodymyr Zelensky, presiden Ukraina, menyambut inisiatif tersebut dan mengatakan dia ingin bertemu dengan Xi Jinping, pemimpin Cina.

Sementara Emmanuel Macron juga mengumumkan bahwa dia akan mengunjungi Cina pada awal April ini. Kunjungannya untuk mendesak Beijing agar membantu "menekan" Rusia untuk mengakhiri perang.

“Fakta bahwa Cina terlibat dalam upaya perdamaian adalah hal yang baik,” kata presiden Prancis itu, sambil mendesak Beijing “untuk tidak memasok senjata apa pun ke Rusia”.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement