Senin 27 Feb 2023 10:01 WIB

Warga Israel Ngamuk Setelah Pria Palestina Bunuh Dua Orang Pemukim Yahudi

Insiden ini menimbulkan keraguan tentang perjanjian untuk mengurangi kekerasan.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Pengunjuk rasa Palestina melarikan diri dari gas air mata selama bentrokan dengan pasukan Israel menyusul demonstrasi menentang serangan udara Israel di Jalur Gaza, dekat pemukiman Yahudi Tepi Barat Beit El, Sabtu, 6 Agustus 2022.
Foto: AP/Majdi Mohammed
Pengunjuk rasa Palestina melarikan diri dari gas air mata selama bentrokan dengan pasukan Israel menyusul demonstrasi menentang serangan udara Israel di Jalur Gaza, dekat pemukiman Yahudi Tepi Barat Beit El, Sabtu, 6 Agustus 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Puluhan warga pemukim Israel mengamuk di Tepi Barat utara pada Ahad (26/2/2023) malam. Mereka membakar puluhan mobil dan rumah setelah dua pemukim Yahudi dibunuh oleh seorang pria bersenjata Palestina.

Petugas medis Palestina mengatakan satu orang tewas dan empat lainnya luka parah dalam bentrokan, yang kemudian menjadi ledakan kekerasan pemukim terburuk dalam beberapa dekade. Penembakan mematikan itu diikuti oleh amukan larut malam.

Baca Juga

Insiden ini menimbulkan keraguan tentang Perjanjian Yordania bahwa pejabat Israel dan Palestina telah berjanji untuk menenangkan gelombang kekerasan selama setahun terakhir.

Sementara, media Palestina melaporkan sekitar 30 rumah dan mobil dibakar. Foto dan video di media sosial menunjukkan kebakaran besar yang membakar seluruh Kota Hawara - tempat penembakan mematikan pada hari sebelumnya - dan kobaran api menerangi langit malam.

Dalam satu video, kerumunan pemukim Yahudi berdiri dalam doa saat mereka menatap sebuah bangunan yang terbakar. Dan sebelumnya, seorang menteri Kabinet Israel terkemuka dan pemimpin pemukim telah menyerukan Israel untuk menyerang tanpa ampun.

Pada Ahad (26/2/2023) malam itu juga, Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan seorang pria berusia 37 tahun ditembak dan dibunuh oleh tembakan tentara Israel. Layanan medis Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan dua orang lainnya ditembak dan terluka, orang ketiga ditusuk dan yang keempat dipukuli dengan batang besi. Sekitar 95 orang lainnya dirawat karena menghirup gas air mata.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengutuk apa yang disebutnya aksi teroris yang dilakukan oleh para pemukim Yahudi di bawah perlindungan pasukan pendudukan Israel malam ini. “Kami menganggap pemerintah Israel bertanggung jawab penuh,” tambah Abbas.

Uni Eropa mengatakan khawatir dengan kekerasan yang terjadi di Huwara, dan mengatakan otoritas di semua pihak harus campur tangan sekarang untuk menghentikan siklus kekerasan tanpa akhir ini. Duta Besar Inggris untuk Israel, Neil Wigan, mengatakan bahwa Israel harus mengatasi kekerasan pemukim, dengan mereka yang bertanggung jawab harus diadili.

Ketika video kekerasan muncul di acara berita malam, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengimbau untuk tenang dan mendesak agar tidak melakukan kekerasan main hakim sendiri. "Saya meminta ketika darah mendidih dan semangat panas, jangan main hakim sendiri," kata Netanyahu dalam sebuah pernyataan video.

Militer Israel mengatakan kepala stafnya, Letnan Jenderal Herzl Halevi, bergegas ke tempat kejadian. Dikatakan, pasukan sedang diperkuat di daerah itu saat mereka bekerja untuk memulihkan ketertiban dan mencari penembak.

Ghassan Douglas, seorang pejabat Palestina yang memantau permukiman Israel di wilayah Nablus, mengatakan bahwa pemukim Yahudi membakar setidaknya enam rumah dan puluhan mobil milik warga Palestina di Hawara, dan melaporkan serangan terhadap desa tetangga Palestina lainnya. Dia memperkirakan sekitar 400 pemukim Yahudi ambil bagian dalam serangan itu.

"Saya tidak pernah melihat serangan seperti itu," katanya.

Kerusuhan terjadi tak lama setelah pemerintah Yordania, yang menjadi tuan rumah pembicaraan hari Ahad di resor Laut Merah Aqaba, mengatakan pihak telah setuju untuk mengambil langkah-langkah untuk mengurangi ketegangan dan akan bertemu lagi bulan depan menjelang bulan suci Ramadhan.

“Mereka menegaskan kembali perlunya mengurangi eskalasi di lapangan dan untuk mencegah kekerasan lebih lanjut,” kata Kementerian Luar Negeri Yordania mengumumkan.

Setelah hampir satu tahun pertempuran yang telah menewaskan lebih dari 200 warga Palestina dan lebih dari 40 warga Israel di Tepi Barat dan Yerusalem timur, pihak Yordania mengumumkan perdamaian dan akan menandai tanda kemajuan kecil. Namun situasi di lapangan segera meragukan komitmen tersebut.

Palestina mengeklaim Tepi Barat, Yerusalem timur, dan Jalur Gaza – wilayah yang direbut Israel dalam perang Timur Tengah 1967 – sebagai negara masa depan mereka. Sekitar 700 ribu pemukim Israel tinggal di Tepi Barat dan Yerusalem timur. Komunitas internasional telah menganggap permukiman Yahudi itu ilegal dan itu yang telah menghambat perdamaian kedua negara.

Wilayah Tepi Barat adalah rumah bagi sejumlah permukiman Yahudi garis keras yang penduduknya sering merusak tanah dan properti warga Palestina. Walau begitu, jarang terjadi kekerasan yang begitu meluas.

Anggota terkemuka pemerintah sayap kanan Israel menyerukan tindakan keras terhadap warga Palestina. Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich, seorang pemimpin pemukim yang tinggal di daerah itu dan bertanggung jawab atas sebagian besar kebijakan Tepi Barat Israel, menyerukan "menyerang kota-kota yang telah meneror pemukim Yahudi dan mengerahkan tanpa ampun, dengan tank dan helikopter."

Menggunakan frasa yang menyerukan tanggapan yang lebih keras, dia mengatakan Israel harus bertindak "dengan cara yang menyampaikan bahwa pemilik rumah Yahudi sampai sudah kehilangan kesabaran."

Namun, Ahad malam, Smotrich mengimbau sesama pemukim untuk membiarkan tentara dan pemerintah melakukan pekerjaan mereka. “Dilarang mengambil hukum ke tangan Anda dan menciptakan anarki berbahaya yang bisa lepas kendali dan menelan korban jiwa,” katanya.

Sebelumnya, komite menteri Israel memberikan persetujuan awal untuk RUU yang akan menjatuhkan hukuman mati pada warga Palestina yang dihukum karena serangan mematikan ke warga Yahudi. Tindakan itu menjadi perdebatan antar anggota parlemen.

Ada juga interpretasi yang berbeda tentang apa yang sebenarnya disepakati di Aqaba antara Palestina dan Israel. Kementerian Luar Negeri Yordania mengatakan perwakilan setuju untuk bekerja menuju "perdamaian yang adil dan abadi" dan telah berkomitmen untuk mempertahankan status quo di tempat suci yang diperebutkan di Yerusalem.

Ketegangan di situs yang dihormati oleh orang Yahudi sebagai Temple Mount dan Muslim sebagai Haram al-Sharif sering meluas menjadi kekerasan, dan dua tahun lalu memicu perang 11 hari antara Israel dan kelompok militan Hamas selama Ramadhan.

Para pejabat pemerintah Israel, sayap paling kanan dalam sejarah Israel, mengecilkan hasil pertemuan perdamaian hari Ahad itu. Seorang pejabat senior, yang berbicara tanpa menyebut nama di bawah pedoman pemerintah, hanya mengatakan bahwa pihak-pihak di Yordania setuju membentuk sebuah komite untuk bekerja memperbarui hubungan keamanan dengan Palestina.

Sementara Palestina memutuskan hubungan bulan lalu setelah serangan militer Israel yang mematikan di Tepi Barat. Penasihat keamanan nasional Netanyahu, Tzachi Hanegbi, yang memimpin delegasi Israel mengatakan tidak ada perubahan dalam kebijakan Israel dan bahwa rencana untuk membangun ribuan rumah pemukiman baru yang disetujui minggu lalu tidak akan terpengaruh.

Dia mengatakan tidak ada penghentian pemukiman dan tidak ada pembatasan aktivitas tentara.

Perjanjian Yordania mengatakan Israel berjanji untuk tidak melegalkan pos-pos lagi selama enam bulan atau untuk menyetujui pembangunan baru di pemukiman yang ada selama empat bulan.

Di sisi Palestina, sementara itu, mengatakan mereka telah mengajukan daftar panjang keluhan, termasuk diakhirinya pembangunan permukiman Israel di tanah yang diduduki dan penghentian serangan militer Israel di kota-kota Palestina.

Penembakan hari Ahad (26/2/2023) di Hawara terjadi beberapa hari setelah serangan militer Israel menewaskan 10 warga Palestina di kota terdekat Nablus. Penembakan terjadi di jalan raya utama yang melayani warga Palestina dan pemukim Israel. Kedua pria yang terbunuh diidentifikasi sebagai seorang pria, berusia 21 dan 19 tahun, dari pemukiman Yahudi di Har Bracha.

Hanegbi bergabung dengan kepala badan keamanan domestik Israel Shin Bet yang menghadiri pembicaraan di negara tetangga Yordania. Kepala dinas intelijen Palestina serta penasihat Presiden Mahmoud Abbas juga bergabung.

Raja Yordania Abdullah II, yang memiliki hubungan dekat dengan Palestina, memimpin diskusi, sementara Mesir, mediator lainnya, dan Amerika Serikat juga berpartisipasi.

Di Washington, penasihat keamanan nasional AS, Jake Sullivan, menyambut baik pertemuan tersebut. “Kami menyadari bahwa pertemuan ini adalah titik awal,” katanya, seraya menambahkan bahwa penerapannya akan sangat penting.”

Itu adalah pertemuan tingkat tinggi yang jarang terjadi antara kedua belah pihak, yang menggambarkan parahnya krisis dan kekhawatiran akan meningkatnya kekerasan saat Ramadan menjelang akhir Maret.

Di Gaza, Hamas, sebuah kelompok militan Islam yang mencari penghancuran Israel, mengkritik pertemuan hari Ahad dan menyebut penembakan itu sebagai reaksi alami terhadap serangan Israel di Tepi Barat.

Israel menarik diri dari Gaza pada tahun 2005. Kelompok militan Hamas kemudian menguasai wilayah tersebut, dan Israel serta Mesir mempertahankan blokade atas wilayah tersebut.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement