Ahad 19 Mar 2023 13:22 WIB

Ukraina: Kesepakatan Ekspor Biji-bijian Seharusnya Diperpanjang Tanpa Batas Waktu

Kesepakatan Biji-bijian Laut Hitam diperpanjang selama 120 hari.

Seorang pemanen mengumpulkan gandum di desa Zghurivka, Ukraina, Selasa, 9 Agustus 2022. Sebelum perang, Ukraina dipandang sebagai lumbung roti dunia, mengekspor 4,5 juta ton hasil pertanian per bulan melalui pelabuhannya. Di bawah kesepakatan yang ditengahi oleh Turki dan PBB, Rusia setuju untuk tidak menargetkan kapal pembawa biji-bijian yang sedang transit.
Foto:

Pengiriman biji-bijian dari ketiga pelabuhan tersebut sempat terhenti sejak meletusnya perang Rusia-Ukraina pada Februari 2022. Kesepakatan yang masa berlakunya berakhir pada Ahad itu, akan diperpanjang selama 120 hari lagi--dan merupakan perpanjangan yang kedua kalinya.

Belakangan, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan kepada kantor berita TASS bahwa kesepakatan itu telah diperpanjang selama 60 hari, bukan 120 hari.

"Kami--baik Kementerian Luar Negeri Rusia dan perwakilan tetap Rusia untuk PBB--telah berulang kali menyatakan bahwa pihak Rusia telah memberi tahu semua pihak dalam kesepakatan bahwa mereka memperpanjang kesepakatan selama 60 hari. Semua pihak telah diberi tahu tentang hal ini secara lisan dan tertulis melalui catatan khusus," kata Zakharova.

sumber : Antara/Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement