Senin 20 Mar 2023 21:46 WIB

Jepang Siapkan 75 Miliar Dolar AS Lawan Kekuatan Cina di Indo-Pasifik

Koalisi Jepang, India, Australia, dan AS berupaya mengimbangi dominasi Cina.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengumumkan rencana baru pada hari Senin (20/3/2023), bantuan yang lebih luas untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, sebagai langkah mengantisipasi kekuatan Cina di kawasan tersebut.
Foto: EPA-EFE/YOSHIKAZU TSUNO
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengumumkan rencana baru pada hari Senin (20/3/2023), bantuan yang lebih luas untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, sebagai langkah mengantisipasi kekuatan Cina di kawasan tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengumumkan rencana baru pada hari Senin (20/3/2023), bantuan yang lebih luas untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, sebagai langkah mengantisipasi kekuatan Cina di kawasan tersebut. Jepang menjanjikan investasi miliaran dolar untuk membantu ekonomi di seluruh kawasan Indo-Pasifik dalam segala hal mulai dari industri hingga pencegahan bencana.

Rencana itu diumumkan PM Kishida di New Delhi sebagai upaya Tokyo untuk menjalin kemitraan yang lebih kuat dengan negara-negara di Asia Selatan dan Tenggara, untuk melawan dominasi kekuatan Cina yang semakin meningkat.

Baca Juga

Kishida juga mengatakan Jepang ingin invasi Rusia ke Ukraina diakhiri secepat mungkin dan menyerukan Global South, sebuah istilah luas mengacu pada negara-negara di Afrika, Asia, Oseania, dan Amerika Latin, untuk menunjukkan solidaritas setelah pembicaraannya dengan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Kishida mengatakan ada empat pilar dalam rencana Indo-Pasifik baru Jepang ini. Diantaranya, menjaga perdamaian, menangani masalah global baru dalam kerja sama dengan negara-negara Indo-Pasifik, mencapai konektivitas global melalui berbagai platform, dan memastikan keamanan laut lepas dan udara.

Jepang menjanjikan 75 miliar dolar AS ke wilayah tersebut pada tahun 2030 melalui investasi swasta dan pinjaman yen dan dengan meningkatkan bantuan melalui bantuan dan hibah resmi pemerintah. “Kami berencana memperluas kerja sama kerangka kerja Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” kata Kishida kepada Indian Council untuk urusan Dunia.

Dia menekankan peningkatan konektivitas antar negara dan mempromosikan kebebasan navigasi, dengan fokus pada peningkatan pertahanan dan keamanan maritim di antara negara-negara yang berpikiran sama. Cina telah meningkatkan kehadiran militernya di Indo-Pasifik dan dengan cepat memodernisasi angkatan lautnya sambil mempromosikan kebijakan Belt and Road Initiative miliknya.

“Jenis konektivitas di mana Anda hanya mengandalkan satu negara melahirkan kerentanan politik,” kata Kishida. “Kami bertujuan untuk meningkatkan jumlah opsi yang dimiliki setiap negara sehingga mereka dapat mengatasi kerentanan ini dan mencapai pertumbuhan ekonomi lebih lanjut melalui konektivitas,” tambahnya.

“Kami juga akan melakukan latihan maritim bersama dengan India dan Amerika Serikat, serta latihan niat baik dengan ASEAN dan Kepulauan Pasifik,” kata Kishida.

Jepang, India, Australia, dan Amerika Serikat adalah anggota dari apa yang disebut pengelompokan Quad, yang diciptakan untuk mengimbangi dominasi Cina yang semakin meningkat. Keempatnya akan berpartisipasi dalam latihan angkatan laut tahunan Malabar yang akan diadakan di Australia tahun ini.

India dan Jepang telah memperdalam hubungan mereka dalam urusan pertahanan dan strategis dalam menghadapi Cina yang dominan. “India adalah mitra penting dalam mewujudkan visi Indo-Pasifik kami yang bebas dan terbuka,” ujar Kishida.

Modi mengatakan memperkuat kemitraan India-Jepang “tidak hanya penting bagi kedua negara kita, tetapi juga mendorong perdamaian, kemakmuran, dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik”. Namun, keduanya memiliki sikap berbeda tentang perang di Ukraina. 

“Kami ingin menghentikan invasi Rusia secepat mungkin. Agar hal itu terjadi, penting bagi komunitas internasional, termasuk yang disebut Global South, untuk menunjukkan solidaritas,” kata Kishida ketika ditanya tentang diskusinya dengan Modi.

Jepang telah memberlakukan sanksi terhadap Rusia, seperti halnya banyak negara lain. Sementara India belum melakukannya, dan menolak untuk menyalahkan Moskow atas konflik tersebut dan telah meningkatkan pembelian minyak Rusia.

“Menyuarakan prioritas Global South adalah pilar penting dari kepresidenan G20 kami,” kata Modi setelah pembicaraan dengan Kishida.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement