Selasa 21 Mar 2023 19:18 WIB

Kongres Alumni Perhimpunan Pelajar Indonesia di Dukung Perwakilan dari Berbagai Negara

IAPPI menjadi wadah kontribusi para alumni untuk bangsa.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Ikatan Alumni Perhimpunan Pelajar Indonesia (IAPPI), ilustrasi
Foto: Perhimpunan Pelajar Indonesia
Ikatan Alumni Perhimpunan Pelajar Indonesia (IAPPI), ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Deklarasi dan Kongres Ikatan Alumni Perhimpunan Pelajar Indonesia (IAPPI) didukung sejumlah Duta Besar RI di berbagai perwakilan negara. Dukungan ini dianggap sangat penting untuk menjembatani dan memperkuat ikatan antar alumni.

Konsul Jenderal RI untuk New South Wales, Queensland, South Australia Vedi Kurnia Buana salah satu yang memberikan dukungan atas IAPPI. Ia bahagia atas inisiasi terbentuknya IAPPI yang menjadi wadah kontribusi para alumni untuk bangsa.

Baca Juga

Selain itu ia berharap IAPPI menjadi organisasi penting bagi alumni PPI untuk saling berkomunikasi dan menyampaikan gagasan untuk kepentingan bangsa dan negara melalui aksi-aksi nyata yang diabdikan untuk bangsa dan negara. 

”Alumni PPI memiliki latar belakang keilmuan dan pengalaman yang dapat disinergikan bersama untuk bangsa yang kita cintai ini," ujarnya dalam keterangan pers yang Republika.co.id terima, Selasa (21/3/2023).

Koordinator Nasional Badan Persiapan IAPPI Yudi Ariesta Chandra menambahkan dukungan dari berbagai pihak terhadap deklarasi dan kongres Ikatan Alumni Perhimpunan Pelajar Indonesia (IAPPI) memegang peranan penting dalam menentukan arah pergerakan IAPPI kedepan.

Koordinator Steering Committe Badan Persiapan IAPPI Faruq Ibnul Haqi mengatakan Alumni pelajar Indonesia di Australia menjadi potensi yang besar untuk IAPPI. Menurutnya sebagai negara tetangga di bagian Asia-Pasifik menawarkan kesempatan-kesempatan emas dari berbagai bidang keilmuan para alumni, seperti dari konservasi lingkungan, perdagangan, dan infrastruktur. 

Salah satu alumnus PPI Australia dr. Anthony Paulo Sunjaya juga melihat potensi IAPPI dengan lensa yang sama. Ia mengaku banyak ilmu pengetahuan baru yang didapatkan selama belajar di Australia. Ia ingin mendedikasikan ilmu ini untuk bangsa Indonesia. 

"IAPPI menjadi wadah yang tujuannya jelas untuk mengakomodasi potensi-potensi ini," tuturnya.

Koordinator Luar Negeri Badan Persiapan IAPPI Fadli Rahman mengucapkan terima kasih banyak atas dukungan Vedi Kurnia Buana atas inisiasi terbentuknya IAPPI. Ia juga mengajak seluruh alumni pelajar Indonesia di Australia untuk bergabung dan bersinergi dalam wadah IAPPI.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement