Jumat 24 Mar 2023 08:22 WIB

Komisi Luar Negeri Parlemen Turki Setuju Finlandia Jadi Anggota NATO

Satu langkah yang mendekatkan Finlandia untuk menjadi anggota NATO

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Bendera berkibar tertiup angin di luar markas NATO di Brussel, 7 Februari 2022. Dengan Finlandia dan Swedia mengambil langkah untuk bergabung dengan NATO, daftar negara
Foto: AP Photo/Olivier Matthys
Bendera berkibar tertiup angin di luar markas NATO di Brussel, 7 Februari 2022. Dengan Finlandia dan Swedia mengambil langkah untuk bergabung dengan NATO, daftar negara

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Stasiun televisi TRT Haber melaporkan komite urusan luar negeri parlemen Turki menyetujui rancangan undang-undang yang meratifikasi bergabungnya Finlandia dengan Organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Satu langkah yang mendekatkan Helsinki untuk menjadi anggota aliansi pertahanan itu.

Rancangan undang-undang yang disetujui Kamis (23/3/2023) itu masih membutuhkan persetujuan sidang paripurna yang diperkirakan digelar sebelum penutupan parlemen pada pertengahan April mendatang. Sebelum pemilihan parlemen dan presiden pada 14 Mei.

Baca Juga

Usai bertemu dengan Presiden Finlandia Sauli Niinisto di Ankara pekan lalu Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan parlemen Turki akan meratifikasi aksesi Helsinki ke NATO.

Namun Erdogan masih menunda menyetujui bergabungnya Swedia dengan NATO. Ankara mengatakan Stockholm belum cukup berusaha menindak orang-orang yang Turki anggap sebagai teroris. Tiga negara menandatangani sebuah pakta mengenai isu ini tahun lalu.

Tidak lama setelah Rusia menginvasi Ukraina tahun lalu Finlandia dan Swedia mendaftar untuk bergabung dengan NATO. Masuknya anggota baru harus disetujui parlemen 30 negara anggota.

Selain Hungaria yang partai berkuasanya mengatakan mendukung dua negara Nordik bergabung dengan NATO tapi masih menunda langkah formal untuk menyetujuinya. Turki satu-satunya negara anggota yang belum memberikan lampu hijau.

Bergabungnya Finlandia akan mencerminkan perluasan pertama NATO sejak bergabungnya Makedonia Utara pada 2020 lalu.

sumber : Reuters

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement