Rabu 29 Mar 2023 12:05 WIB

Dubes Cina Tiba di Korut di Tengah Ketegangan Semenanjung Korea

Duta Besar Cina Wang Yajun mulai menempati pos barunya di Korea Utara

Bendera Korea Selatan dan Korea Utara. Ilustrasi
Foto: gallerychip.com
Bendera Korea Selatan dan Korea Utara. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING - Duta Besar Cina Wang Yajun mulai menempati pos barunya di Korea Utara pada Senin (27/3/2023) di tengah meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea.

"Kami yakin Dubes Wang akan menjalankan tugas pentingnya dalam mendukung persahabatan dan hubungan kerja sama dengan Korut yang terjalin sejak lama," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Mao Ning di Beijing, Selasa (28/3/2023).

Baca Juga

Menurut dia, Cina dan Korut merupakan tetangga dekat yang terhubung perbukitan dan sungai. Dalam beberapa tahun terakhir, kata dia, hubungan Cina dan Korut telah memasuki era baru yang terus berkembang sesuai arahan strategis pemimpin kedua negara.

Situasi di Semenanjung Korea terus memanas. USSNimitz, kapal induk bertenaga nuklir milik Amerika Serikat, merapat di pangkalan Komando Armada Korea Selatan di Busan, Selasa. Pyongyang meluncurkan rudal balistik jarak pendek untuk merespons aksi militer AS-Korsel itu.

Sejak awal tahun ini, AS dan beberapa negara lain melakukan latihan militer gabungan besar-besaran di Semenanjung Korea dan sekitarnya.

"Cina mengkhawatirkan ketegangan dan konfrontasi yang terus meningkat di Semenanjung Korea. Tekanan semakin memperkuat rasa tidak aman Korea Utara yang menyebabkan situasi meningkat ini," kata perwakilan tetap Cina di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Geng Shuang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement