Senin 03 Apr 2023 14:33 WIB

Korsel, AS dan Jepang Adakan Latihan Anti-Kapal Selam Korea Utara

Latihan itu dilakukan ketika Korut baru-baru ini meluncurkan jenis hulu ledak nuklir.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
 FILE - Kapal selam tenaga nuklir Virginia USS Colorado (SSN 788) terlihat sebelumnya pada upacara komisioning di Naval Submarine Base New London di Groton, Conn., 17 Maret 2018. Australia akan membeli  Kapal selam bertenaga nuklir Virginia  buatan A.S. Kapal selam serang bertenaga nuklir untuk memodernisasi armadanya, kata seorang pejabat Eropa dan orang yang mengetahui masalah tersebut pada Kamis (9/3/2023), di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang pengaruh China di kawasan Indo-Pasifik.
Foto: Dana Jensen/The Day via AP, File
FILE - Kapal selam tenaga nuklir Virginia USS Colorado (SSN 788) terlihat sebelumnya pada upacara komisioning di Naval Submarine Base New London di Groton, Conn., 17 Maret 2018. Australia akan membeli Kapal selam bertenaga nuklir Virginia buatan A.S. Kapal selam serang bertenaga nuklir untuk memodernisasi armadanya, kata seorang pejabat Eropa dan orang yang mengetahui masalah tersebut pada Kamis (9/3/2023), di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang pengaruh China di kawasan Indo-Pasifik.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL --Angkatan Laut Korea Selatan (Korsel), AS, dan Jepang memulai latihan anti-kapal selam pertama mereka dalam enam bulan pada Senin (3/4/2023). Latihan ini untuk meningkatkan koordinasi mereka melawan kekuatan ancaman rudal Korea Utara yang terus meningkat, kata militer Korea Selatan.

Latihan dua hari itu dilakukan ketika Korea Utara baru-baru ini meluncurkan jenis hulu ledak nuklir di medan perang, dan itu memicu kekhawatiran negara tersebut dapat melakukan uji coba nuklir pertama sejak 2017.

Baca Juga

Latihan maritim di perairan internasional di lepas pantai Pulau Jeju di Korea Selatan melibatkan kapal induk USS Nimitz bertenaga nuklir dan kapal perusak angkatan laut dari Korea Selatan, AS dan Jepang, kata Kementerian Pertahanan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

Pelatihan itu diatur untuk meningkatkan kapasitas ketiga negara untuk menanggapi ancaman keamanan bawah laut yang ditimbulkan oleh rudal balistik yang diluncurkan kapal selam Korea Utara dan aset lainnya, kata pernyataan itu. Dikatakan ketiga negara akan mendeteksi dan melacak setiap perangkat militer bawah laut tak berawak Korea Selatan dan AS yang menyamar sebagai kapal selam musuh dan aset lainnya.

Rudal yang diluncurkan kapal selam oleh Korea Utara merupakan ancaman keamanan yang serius bagi Amerika Serikat dan sekutunya karena lebih sulit untuk mendeteksi peluncuran semacam itu sebelumnya. Dalam beberapa tahun terakhir, Korea Utara telah menguji rudal balistik canggih yang diluncurkan di bawah air dan mendorong untuk membangun kapal selam yang lebih besar termasuk yang bertenaga nuklir.

Bulan lalu, Korea Utara melakukan serangkaian uji coba rudal sebagai tanggapan atas latihan militer bilateral Korea Selatan-AS sebelumnya. Senjata yang diuji termasuk drone bawah air berkemampuan nuklir dan rudal jelajah yang diluncurkan dari kapal selam, yang menunjukkan bahwa Korea Utara sedang mencoba untuk mendiversifikasi jenis senjata bawah airnya.

Foto-foto di media pemerintah Korea Utara pekan lalu menunjukkan sekitar 10 hulu ledak berujung merah berbentuk kapsul yang disebut 'Hwasan (gunung berapi)-31' dengan nomor seri yang berbeda. Sebuah poster di dinding terdekat mencantumkan delapan jenis senjata jarak pendek yang dapat membawa hulu ledak Hwasan-31. Penerbangan uji sebelumnya dari senjata-senjata itu menunjukkan bahwa mereka mampu menyerang target utama di Korea Selatan, termasuk pangkalan militer AS di sana.

Beberapa pengamat militer mengatakan pengungkapan hulu ledak itu mungkin merupakan awal dari uji coba nuklir karena dua uji coba terakhir Korea Utara pada 2016 dan 2017 melanjutkan proyek hulu ledak lainnya. Jika melakukan uji coba nuklir, itu akan menjadi ledakan ketujuh secara keseluruhan dan yang pertama sejak September 2017.

Pakar dari luar masih memperdebatkan apakah Korea Utara memiliki rudal bersenjata nuklir yang berfungsi. Namun menteri pertahanan Korea Selatan, Lee Jong-Sup, baru-baru ini mengatakan teknologi Korea Utara untuk membangun hulu ledak mini untuk dipasang pada rudal jarak pendek canggih diyakini telah membuat kemajuan yang cukup besar.

Korea Utara dapat melakukan uji coba rudal baru sebagai tanggapan atas latihan Korea Selatan-AS-Jepang karena memandang pelatihan semacam itu sebagai ancaman keamanan. Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menyebut latihan Korea Selatan-AS baru-baru ini sebagai upaya provokasi militer 'sembrono' yang bisa mengabaikan 'kesabaran dan peringatan' dari Korea Utara.

Dalam sambutan yang disampaikan dalam pernyataan Kementerian Pertahanan, Laksamana Muda Kim Inho, kepala pasukan Korea Selatan yang terlibat dalam latihan trilateral, mengatakan "Kami akan dengan tegas menanggapi dan menetralkan segala jenis provokasi oleh Korea Utara."

Selain latihan anti-kapal selam, ketiga negara akan mempraktikkan operasi pencarian dan penyelamatan kemanusiaan, termasuk menyelamatkan orang yang jatuh ke air dan merawat pasien darurat. Ini akan menjadi pelatihan pertama ketiga negara dalam tujuh tahun, kata pernyataan Kementerian Pertahanan. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement