Rabu 05 Apr 2023 19:16 WIB

Presiden Taiwan Gelar Rapat Kawasan Sebelum Bertemu Ketua House of Representative AS

Cina yang mengklaim Taiwan bagian dari wilayahnya meminta rapat tersebut dibatalkan.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menggelar rapat dengan pejabat-pejabat keamanan seniornya untuk membahas 'situasi kawasan'. Rapat itu dilakukan sebelum ia bertemu ketua House of Representative Amerika Serikat (AS) Kevin McCarthy di California.
Foto: AP Photo/ Chiang Ying-ying
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menggelar rapat dengan pejabat-pejabat keamanan seniornya untuk membahas 'situasi kawasan'. Rapat itu dilakukan sebelum ia bertemu ketua House of Representative Amerika Serikat (AS) Kevin McCarthy di California.

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI -- Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menggelar rapat dengan pejabat-pejabat keamanan seniornya untuk membahas 'situasi kawasan'. Rapat itu dilakukan sebelum ia bertemu ketua House of Representative Amerika Serikat (AS) Kevin McCarthy di California.

Cina yang mengklaim Taiwan bagian dari wilayahnya dengan tegas meminta rencana pertemuan tersebut dibatalkan. Beijing mengancam akan membalas bila pertemuan yang dijadwalkan Rabu (5/4/2023) ini digelar.

Baca Juga

Setelah kunjungan Nancy Pelosi, ketua House AS saat itu Cina menggelar latihan perang di sekitar Taiwan. Kantor kepresidenan Taiwan mengatakan Tsai mengadakan konferensi video dari Belize, pemberhentian terakhirnya di Amerika Tengah sebelum berangkat ke Los Angeles.

"(Tsai) mendengarkan pengarahan mengenai situasi kawasan secara keseluruhan," kata kantor kepresidenan Taiwan dalam pernyataannya.

"Presiden meminta unit-unit relevan untuk terus memahami situasi di sekitar, dan memungkinkan delegasi kunjungan untuk terus memahami situasi tepat waktu," tambah pernyataan tersebut, merujuk Tsai dan timnya di luar negeri.

Dalam pernyataan tersebut kantor kepresidenan Taiwan menambahkan Tsai berterimakasih pada rekan-rekannya yang melanjutkan pekerjaan mereka untuk memastikan keamanan nasional selama liburan akhir pekan yang panjang pada minggu ini.

Pernyataan tersebut mengatakan pejabat yang mengikuti rapat itu antara lain Sekretaris Jenderal Dewan Keamanan Nasional, Menteri Luar Negeri Joseph Wu yang sedang bersama Tsai, dan Direktur Jenderal Biro Keamanan Nasional yang berada di Taipei. Tsai tiba di Los Angeles pada Selasa (4/4/2023) dan dijadwalkan pulang ke Taiwan pada Jumat (6/4/2023).

Saat baru tiba di Los Angeles di Facebook, Tsai mengatakan timnya akan menjalani sejumlah kegiatan untuk "melanjutkan perjuangan untuk diplomasi Taiwan." Ia tidak menjelaskan lebih lanjut maksudnya.

Sejauh ini Taiwan belum melaporkan pergerakan tidak biasa militer Cina menjelang pertemuan Tsai dengan McCarthy.

Media pemerintah Cina mengatakan kapal yang dioperasikan Administrasi Keamanan Maritim Provinsi Fujian melakukan patroli di wilayah utara dan tengah Selat Taiwan. Provinsi Fujian terletak menghadap ke arah Taiwan.

Media Cina tidak menjelaskan operasi lebih lanjut. Kapal penegak hukum administrasi maritim Haixun 06 dirancang untuk melakukan inspeksi dan membantu misi penyelamatan dan pencarian.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement