Selasa 11 Apr 2023 06:30 WIB

Ilmuwan Cina Klaim Covid-19 Mungkin Berasal dari Manusia

Kasus pertama Covid-19 dilaporkan di kota Wuhan, Cina tengah pada Desember 2019.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Covid 19 (ilustrasi). Ilmuwan Cina telah mengklaim bahwa virus Covid-19 mungkin berasal dari manusia. Peneliti menganalisis lebih dari 1.300 sampel DNA yang dikumpulkan dari hewan dan lingkungan di pasar di Wuhan.
Foto: Max Pixel

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Ilmuwan Cina mengeklaim, virus Covid-19 mungkin berasal dari manusia. Peneliti menganalisis lebih dari 1.300 sampel DNA yang dikumpulkan dari hewan dan lingkungan di pasar di Wuhan.

Kantor Informasi Dewan Negara Cina menyatakan, para ilmuwan mengeklaim data DNA yang dibagikan di jurnal internasional Nature menunjukkan, strain yang ditemukan dalam sampel dari pasar makanan laut Huanan atau tempat kasus pertama muncul lebih mungkin berasal dari manusia. Tidak ada virus korona pada salah satu dari 457 sampel hewan yang diperiksa, yang meniadakan kemungkinan penularan dari hewan.