Kamis 13 Apr 2023 19:56 WIB

Trump ke New York untuk Bersaksi di Kasusnya yang Lain

Trump dan ketiga anaknya digugat atas tuduhan penipuan

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Trump dan ketiga anaknya digugat atas tuduhan penipuan
Foto: AP Photo/Bryan Woolston
Trump dan ketiga anaknya digugat atas tuduhan penipuan

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Mantan presiden AS Donald Trump telah tiba di Manhattan, New York untuk memberikan keterangan di hadapan jaksa agung New York, Letitia James pada Kamis (13/4/2023). Kehadirannya itu, dikonfirmasi dalam sebuah posting di platform media sosialnya, Truth Social.

James mengajukan gugatan perdata di pengadilan negara bagian New York di Manhattan pada bulan September lalu terhadap Trump dan ketiga anaknya yang sudah dewasa atas tuduhan penipuan. James menuduh mereka salah menyatakan nilai properti real estat untuk mendapatkan pinjaman yang menguntungkan dan manfaat pajak.

Baca Juga

Sebaliknya, Trump juga menggugat James setelah dia mengajukan kasus tersebut. Pada bulan Maret, Trump meminta pengadilan untuk menunda tenggat waktu kasus ini selama enam bulan. Menurutnya, perpanjangan tenggat waktu akan memberikan waktu yang diperlukan untuk meninjau volume materi yang "mengejutkan", termasuk jutaan halaman dokumen, dan menanyai lusinan saksi.

"... Saya akhirnya akan dapat menunjukkan betapa hebat, menguntungkan, dan berharganya perusahaan yang saya bangun, yang sebenarnya merupakan beberapa aset real estat terbesar di mana pun di dunia," kata Trump dalam sebuah postingan Truth Social pada hari Kamis (13/4/2023).

Trump, yang sedang berusaha untuk mendapatkan kembali kursi kepresidenan AS di pemilu tahun 2024, juga didakwa oleh kantor jaksa distrik Manhattan, Alvin Bragg, pada awal bulan ini.

Dia didakwa dengan 34 tuduhan kejahatan memalsukan catatan bisnis atas tuduhan bahwa dia mengatur pembayaran kepada dua wanita sebelum pemilihan 2016 untuk menekan publikasi pertemuan seksual mereka dengannya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement