Senin 24 Apr 2023 15:09 WIB

Bukan Kali Pertama Aspal Jalanan India Meleleh Akibat Suhu Panas

Dalam beberapa tahun terakhir, India terus mengalami gelombang panas.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Dalam beberapa tahun terakhir, India terus mengalami gelombang panas.
Foto: the star
Dalam beberapa tahun terakhir, India terus mengalami gelombang panas.

REPUBLIKA.CO.ID, AHMEDABAD -- Suhu yang melonjak di India membuat beberapa wilayahnya mengalami panas ekstrem hingga aspal jalanan pun ikut meleleh. Kondisi ini bukan kali pertama terjadi di negara tersebut. Dalam beberapa tahun terakhir, India terus mengalami gelombang panas.

Dalam laporan timesnownews pada pertengahan April, pengguna jalanan di Surat dan Ahmedabad menghadapi situasi yang genting. Jalan yang baru dibangun meleleh kembali karena panas terik.

Baca Juga

Suhu maksimum di Ahmedabad menyentuh 41 derajat Celsius pada pekan kedua April 2023.  Kenaikan suhu ini menyebabkan aspal baru meleleh di jalan sepanjang 200 meter yang menghubungkan jembatan Chandra Shekhar Azad ke Adajan Patiya di Surat.

Sementara itu, pengendara terlihat mengemudi dengan hati-hati agar tidak terpeleset. Sedangkan pejalan kaki juga mengeluhkan alas kaki yang menempel di jalan.

Gambar-gambar yang tersebar di internet pun telah muncul menunjukkan sandal pejalan kaki tersangkut di aspal yang meleleh. Ada pula motor-motor yang membelah jalanan dengan aspal basah dan akhirnya menempel ke ban.

Selain itu, di wilayah Ahmedabad, aspal dan lapisan aspal meleleh secara spontan di jalan Sudram Nagar sepanjang 1,5 km di distrik Gomtipur kota sebulan yang lalu. Kondisi ini pun terulang kembali pada pertengahan April.

Menurut pejabat Surat Municipal Corporation (SMC), debu batu ditaburkan untuk mengeringkan permukaan setelah meletakkan aspal cair tetapi masih lengket di sore hari. Setelah video dan foto jalan mulai beredar di media sosial, tim SMC mulai menyemprotkan debu ke jalan tersebut.

Pejabat juga mengklaim bahwa aspal cair diletakkan pada pada paginya. “Perawatan jalan dilakukan menjelang musim hujan untuk memastikan tidak rusak. Aspal cair mencegah air merembes ke jalan dan kondisinya tetap baik untuk waktu yang lama,” kata seorang petugas dari zona Rander SMC saat berbicara kepada Times of India.

Kondisi aspal yang meleleh ini pun sempat terjadi pada Mei 2015. Saat itu suhu udara mencapai 45 derajat celcius sehingga jalanan di India pun menjadi meleleh. Sebagian besar jalan di New Delhi menjadi rusak, aspal yang meleleh menyebabkan jalanan rusak dan zebra cross pun terlihat berantakan. Kerusakan jalan itu bahkan memicu kemacetan lalu lintas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement