Rabu 26 Apr 2023 14:35 WIB

Biden Berjanji Pertahankan Demokrasi

Biden ingin bisa berbuat lebih banyak untuk mempertahankan demokrasi.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Selasa (25/4/2023) resmi mengumumkan pencalonan dirinya dalam pemilihan presiden (pilpres) untuk masa jabatan kedua.
Foto:

Jajak pendapat NBC News yang dirilis Ahad (23/4/2023), memperlihatkan hanya 26 persen pemilih AS yang berpikir Biden perlu mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua, sementara 70 persen percaya dia tidak perlu melakukannya, dengan kekhawatiran tentang usianya sebagai alasan utama.

Survei nasional yang sama juga menunjukkan bahwa Trump (76 tahun) terus berada jauh di depan semua pesaingnya dari Partai Republik, terlepas dari dakwaan baru-baru ini terhadapnya atas pembayaran uang suap kepada seorang bintang porno dan penyelidikan lain atas perilaku Trump di masa lalu.

Dalam video, yang disiarkan pada Selasa pagi dan juga menyertakan gambar aktivis hak aborsi yang memprotes Mahkamah Agung AS, Biden memperingatkan bahwa hak dasar yang dijamin di AS terancam oleh para sekutu Trump.

"Setiap generasi warga Amerika telah menghadapi momen dimana mereka harus mempertahankan demokrasi. Membela kebebasan pribadi kita. Membela hak pilih dan hak sipil kita. Dan inilah momen kita," katanya. "Ayo kita selesaikan pekerjaan ini. Saya tahu kita bisa," ujarnya.

Sementara itu Trump mengintensifkan serangannya pada Biden, dengan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa karena "malapetaka pengeluaran sosialis, keluarga Amerika dihancurkan oleh inflasi terburuk dalam setengah abad."

Sampai sekarang, anggota Partai Demokrat yang mengumumkan pencalonannya untuk pilpres 2024 adalah seorang penulis swadaya berusia 70 tahun Marianne Williamsondan Robert F Kennedy Jr., yakni pria berusia 69 tahun yang merupakan keturunan dari salah satu keluarga politik terkenal di AS yang menjadi terkenal karena pandangan anti-vaksinnya.

Sementara saingan Trump untuk nominasi dari Partai Republik termasuk mantan Duta Besar AS untuk PBB berusia 51 tahun Nikki Haleydan Ron DeSantis (44 tahun) yang saat ini menjabat sebagai gubernur Florida dan diperkirakan akan segera mengumumkan pencalonannya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement