Jumat 28 Apr 2023 06:38 WIB

AS: Iran Sita Kapal Tanker di Teluk Oman

Angkatan Laut AS mengidentifikasi kapal itu kapal tanker minyak yang disewa Chevron.

Rep: Lintar Satria, Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Kapal Tanker Minyak (ilustrasi) . Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengatakan Iran menyita kapal tanker kelas Marshall di perairan internasional di Teluk Oman.
Foto: amveruscg.blogspot.com
Kapal Tanker Minyak (ilustrasi) . Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengatakan Iran menyita kapal tanker kelas Marshall di perairan internasional di Teluk Oman.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengatakan Iran menyita kapal tanker kelas Marshall di perairan internasional di Teluk Oman. Penyitaan terbaru dari serangkaian penyitaan dan serangan kapal-kapal komersial di perairan tersebut sejak 2019.

Di saluran aplikasi kirim pesan Telegram, stasiun televisi Iran, IRIB News melaporkan angkatan laut Iran menyita kapal kelas Marshall tapi tidak menjelaskan detailnya lebih lanjut.

Baca Juga

Angkatan Laut AS mengidentifikasi kapal itu sebagai Advantage Sweet yang menurut data pelacak kapal Refinitv merupakan kapal tanker minyak mentah Suezmax yang disewa perusahaan minyak Chevron. Kapal itu terakhir berlabuh di Kuwait.

Tercatat pengelolanya adalah Genel Denizcilik Nakliyati AS. Perusahaan yang bermarkas di Turki itu belum menanggapi permintaan komentar.

"Gangguan dan intervensi Iran yang terus-menerus pada kapal-kapal yang memiliki hak navigasi di perairan regional merupakan ancaman bagi keamanan dan ekonomi global," kata Angkatan Laut AS, Kamis (27/4/2023).

Angkatan Laut AS menambahkan dalam dua tahun terakhir Iran sudah melakukan lima penyitaan tidak ilegal kapal-kapal komersial di Timur Tengah. Pihak berwenang Iran belum menanggapi permintaan komentar.

Ketika hubungan AS dan Iran memanas pada 2019 lalu terjadi serangkaian serangan pada kapal-kapal di perairan Teluk yang strategis. Pada November lalu Iran membebaskan dua kapal tanker berbendera Yunani yang disita di Teluk Oman pada bulan Mei lalu.

Setelah Amerika Serikat membebaskan kapal tanker berbendera Iran yang disita di pinggir pantai Yunani. Hampir seperlima minyak dunia melewati Selat Hormuz, sebuah titik sempit antara Iran dan Oman.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement