Rabu 03 May 2023 17:20 WIB

Presiden Ukraina Bertemu Dengan Pemimpin Negara-negara Nordik

Pemimpin Ukraina dan negara-negara Nordik membahas soal agresi Rusia.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bertemu dengan pemimpin-pemimpin negara Nordik.
Foto: AP Photo/Efrem Lukatsky
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bertemu dengan pemimpin-pemimpin negara Nordik.

REPUBLIKA.CO.ID, HELSINKI -- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bertemu dengan pemimpin-pemimpin negara Nordik. Dalam pernyataannya pemerintah negara-negara Eropa mengatakan pertemuan itu membahas perang Rusia dan hubungan dengan negara-negara Eropa.

"Tema pertemuan itu adalah agresi perang Rusia melawan Ukraina, negara-negara Nordik melanjutkan dukungan untuk Ukraina, hubungan Ukraina dengan Uni Eropa dan NATO dan inisiatif Ukraina untuk perdamaian," kata pemerintah Swedia dalam pernyataannya, Rabu (3/5/2023).

Baca Juga

Pemerintah Swedia, Denmark dan Norwegia mengatakan Zelenskyy bertemu dengan Presiden Finlandia Sauli Niinisto serta perdana menteri Swedia, Norwegia, Denmark dan Islandia. Sebelumnya dilaporkan kilang minyak Rusia dan Ukraina meledak saat perang drone di Ukraina semakin memanas.

Rusia menyalahkan Ukraina atas serangkaian ledakan di terminal minyak di seberang jembatan sisi Rusia yang dibangun di Crimea. Di Ukraina sebuah gudang bensin juga meledak di Kota Kropyvnytskyi. Kiev menuduh ledakan dipicu serangan drone Rusia.

Di Kota Dnipropetrovsk, Ukraina, sebuah gedung pemerintah ditabrak drone dan meledak. Ukraina mengatakan sudah menembak jatuh 21 dari 26 drone Iran.

Sejak pekan lalu kedua belah pihak meluncurkan serangan jarak jauh. Tampaknya persiapan serangan balik Ukraina yang diperkirakan menjadi tahapan menentukan dalam perang yang berlangsung selama lebih satu tahun.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement