Senin 08 May 2023 08:37 WIB

Bus Wali Kota Istanbul Dilempar Batu Saat Kampanye Pemilu

Walikota Istanbul sedang menyampaikan pidato dari atap bus ketika ada lemparan batu.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Pendukung wali kota Istanbul dari partai oposisi Turki Republican Peoples Partys (CHP), Ekrem Imamoglu.
Foto: AP Photo/Lefteris Pitarakis
Pendukung wali kota Istanbul dari partai oposisi Turki Republican Peoples Partys (CHP), Ekrem Imamoglu.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Pengunjuk rasa melempari bus kampanye wali kota Istanbul dengan batu pada Ahad (7/5/2023). Insiden ini terjadi ketika Wali Kota Istanbul, Ekrem Imamoglu sedang berkeliling untuk kampanye menjelang pemilihan umum akhir pekan depan.

Dilaporkan Al Arabiya, foto yang dirilis kantor wali kota  menunjukkan batu menghancurkan jendela bus di halte kampanye di timur Kota Erzurum. Imamoglu sedang menyampaikan pidato dari atap bus ketika pengunjuk rasa melempar batu. Dia terpaksa masuk ke dalam bus untuk berlindung dan pergi meninggalkan lokasi kampanye.

Baca Juga

Foto dan video di media sosial menunjukkan polisi menggunakan meriam air untuk membubarkan sekelompok orang yang mengejar bus sambil melemparkan batu. Imamoglu menyebut peristiwa itu sebagai provokasi dan menuntut penjelasan dari pejabat setempat.

Laporan media Turki mengatakan, sedikitnya tujuh orang mengalami luka ringan akibat insiden pelemparan batu tersebut. Insiden itu menggarisbawahi ketegangan seputar pemungutan suara parlemen dan presiden pada depan.

Imamoglu berkampanye atas nama pemimpin oposisi sekuler Kemal Kilicdaroglu. Wali kota Istanbul yang populer telah dijanjikan jabatan wakil presiden jika Kilicdaroglu menang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement