Selasa 09 May 2023 12:17 WIB

Gerbang Perbatasan Baru Turki-Irak Siap Dibuka dalam Beberapa Bulan

Warga sekitar perbatasan berharap agar gerbang perbatasan Turki-Irak dibuka.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Peta Turki. Gerbang perbatasan baru antara Turki dan Irak akan dibuka dalam beberapa bulan mendatang.
Foto: BBC
Peta Turki. Gerbang perbatasan baru antara Turki dan Irak akan dibuka dalam beberapa bulan mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, HAKKARI --  Gerbang perbatasan baru antara Turki dan Irak akan dibuka dalam beberapa bulan mendatang. Wakil Menteri Perdagangan Riza Tuna Turagay memeriksa pembangunan Gerbang Perbatasan Umurlu pada Senin (8/5/2023).

"Kami tahu betapa pentingnya hal ini untuk pengembangan hubungan komersial antara Turki dan Irak, seberapa besar kontribusinya bagi masyarakat di wilayah tersebut, dan bagaimana itu akan membawa vitalitas ke seluruh wilayah," ujar Turagay dikutip dari Anadolu Agency.

Baca Juga

Pintu perbatasan ini terletak di antara Derecik di provinsi Hakkari timur Turki dan Erbil Irak bagian utara. Turagay mengatakan, kedatangannya ke lokasi atas nama Menteri Perdagangan Mehmet Mus dan dia senang melihat pekerjaan tersebut.

Turagay menyatakan, tujuan pemerintah Turki untuk membuka gerbang perbatasan sesegera mungkin.  “Jalan menuju perbatasan sedang dibangun, dan saya harap tahun ini selesai,” ujarnya

Menurut Turagay, pemerintah berencana untuk membuka perbatasan dan menghubungkan jalan ke lalu lintas penumpang sesegera mungkin. Warga sekitar juga mengungkapkan harapannya agar gerbang dibuka. Turagay pergi meninggalkan area itu setelah mengunjungi Gubernur Distrik Abdulkadir Isik dan berbicara dengan pedagang dan anggota masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement