Senin 15 May 2023 05:15 WIB

Jungkir Balikkan Lembaga Survei, Erdogan Sementara Unggul 49 Persen di Pemilu Turki

Erdogan hari terakhir kampanye kunjungi Hagia Sophia, Kilicdaroglu ke makam Atatürk.

 Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
Foto:

Oposisi Kritik Keras Erdogan yang Didukung Rusia

Pemimpin Partai Rakyat Republik Turki Kemal Kilicdaroglu mengatakan, partainya memiliki bukti konkret tentang intervensi Rusia menjelang pemilihan presiden (pilpres) di negara tersebut yang diagendakan digelar pada 14 Mei 2023. Kilicdaroglu adalah pemimpin oposisi Turki dan penantang utama Presiden Recep Tayyip Erdogan dalam pilpres.

“Kepada teman-teman Rusia, Anda berada di balik montase, konspirasi, konten deep fake, dan rekaman yang diekspose di negara ini kemarin. Jika Anda ingin persahabatan kita berlanjut setelah 15 Mei, singkirkan tangan Anda dari negara Turki. Kami masih mendukung kerja sama dan persahabatan,” tulis Kilicdaroglu lewat akun Twitter pribadinya, Jumat (12/5/2023).

Kilicdaroglu mengungkapkan, jika tidak memiliki bukti, dia tak akan membuat cicitan tersebut di Twitter-nya. “Kami merasa tidak dapat menerima jika negara lain ikut campur dalam proses pemilu Turki untuk mendukung partai politik. Saya ingin seluruh dunia menyadari hal ini, itulah mengapa saya membuat kicauan ini secara terbuka melalui tweet,” ujarnya dalam sebuah wawancara.

Baca juga : Erdogan Unggul di Pilpres Turki, Partai Koalisinya Menang Telak di Parlemen

Kilicdaroglu tak menjelaskan lebih detail tentang konten deep fake, yang disebutnya didalangi Rusia. Moskow belum merespons tuduhan tersebut. 

Pernyataan Kilicdaroglu perihal konten palsu dibuat sehari setelah kandidat lainnya dalam pilpres Turki, yakni Muharrem Ince, memutuskan tak melanjutkan pencalonannya pada Kamis (11/5/2023). 

“Saya mundur dari pencalonan. Saya melakukan ini untuk negara saya,” kata Ince kepada awak media di depan markas partainya, yakni Partai Tanah Air.

Jungkir Balikkan Hasil Survei Lembaga Survei Turki yang Unggulkan Oposisi

Republika.co.id merangkum beberapa hasil survei yang diadakan beberapa hari menjelang Pilpres Turki 2023....

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement