Senin 22 May 2023 06:54 WIB

Estonia dan Latvia akan Beli Sistem Pertahanan Udara Jerman

Pembelian ini akan dipimpin Pusat Investasi Pertahanan Estonia.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Gambar tak bertanggal dari rudal IRIS-T yang terpasang pada jet tempur.  Dua negara anggota NATO, Estonia dan Latvia, akan membeli sistem pertahanan udara Jerman Iris-T SLM.
Foto: EPA/Diehl
Gambar tak bertanggal dari rudal IRIS-T yang terpasang pada jet tempur. Dua negara anggota NATO, Estonia dan Latvia, akan membeli sistem pertahanan udara Jerman Iris-T SLM.

REPUBLIKA.CO.ID, VILNIUS -- Anggota Uni Eropa dan Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Estonia dan Latvia mulai menggelar negosiasi dengan Deihl Defence, Jerman. Kementerian Pertahanan Estonia mengatakan, dua negara itu ingin membeli sistem pertahanan udara jarak menengah. 

Kementerian Pertahanan Estonia menambahkan, harga sistem pertahanan udara Iris-T SLM dan perangkat tambahan, seperti infrastruktur, personel, pelatihan, dan peralatan akan ditentukan dalam negosiasi itu. Kementerian mengatakan, negosiasi mungkin baru akan selesai pada musim panas. 

Baca Juga

"Tujuan akhir kami adalah untuk memastikan Estonia memiliki kemampuan operasi pertahanan udara jarak-menengah tahun 2025, yang mana artinya sistem (pertahanan) sudah harus tiba pada tahun 2024," kata Menteri Pertahanan Estonia Hanno Pevkur, Ahad (21/5/2023). 

Pembelian ini akan dipimpin Pusat Investasi Pertahanan Estonia. Pada Oktober tahun lalu, Estonia dan Latvia termasuk 14 mitra NATO yang menandatangani surat perjanjian untuk melakukan pembelian bersama sistem pertahanan. Setelah perang Rusia di Ukraina mengikis persediaan pertahanan negara-negara Eropa.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement