Sabtu 27 May 2023 14:24 WIB

Antusiasme Pemilih Turki di Pemilu Putaran Kedua Menurun

Banyak pemilih Turki yang tampaknya tak terlalu antusias dengan pemilu putaran kedua

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Banyak pemilih Turki yang tampaknya tidak terlalu antusias dengan pemilu putaran kedua dan merasa pemilu sudah selesai
Foto:

Sementara itu, pendukung Erdogan meyakini bahwa dia akan memperkuat cengkeramannya pada masa depan negara. Seorang pendukung Erdogan, Osman Cakir (22 tahun) mengatakan, Erdogan akan menang dalam pemilu putaran kedua yang bertepatan dengan penaklukan Ottoman pada 1453.

“Saya pikir kita akan melihat dia memulai lima tahun lagi pada peringatan tahun 1453,” kata Cakir, yang merupakan seorang mahasiswi di Istanbul.

Pada Ahad (28/5/2023) pemungutan suara dibuka pada pukul 08.00 pagi dan ditutup pada pukul 17:00 sore. Para pengamat masih mengharapkan jumlah pemilih yang tinggi pada Ahad meskipun mungkin tidak mencapai 89 persen seperti pada pemilu putaran pertama.  

“Kemungkinan akan mencapai sekitar 84 atau 85 persen,” kata Esen.

Penghitungan suara dari surat suara luar negeri di 73 negara dan di perbatasan sebenarnya menunjukkan sedikit peningkatan dari pemilu putaran pertama. Tempat pemungutan suara di perbatasan akan tetap buka hingga akhir pemungutan suara domestik pada Ahad.

Akan tetapi, jumlah pemilih di luar negeri pada putaran pertama jauh lebih rendah, yaitu 54 persen, daripada partisipasi di dalam Turki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement