Senin 29 May 2023 07:26 WIB

Perairan Venesia Berubah Jadi Hijau

Perairan kanal utama Venesia di daerah dekat jembatan Rialto berubah menjadi hijau ne

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Perairan kanal utama Venesia di daerah dekat jembatan Rialto berubah menjadi hijau neon
Foto: AP
Perairan kanal utama Venesia di daerah dekat jembatan Rialto berubah menjadi hijau neon

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Perairan kanal utama Venesia di daerah dekat jembatan Rialto berubah menjadi hijau neon pada hari Ahad (28/5/2023). Departemen pemadam kebakaran Italia menyatakan, pihak berwenang kini sedang berusaha melacak penyebabnya.

Badan perlindungan lingkungan regional Venesia telah menerima sampel air yang telah berubah. Mereka sedang bekerja untuk mengidentifikasi zat yang mengubah warna air yang berada di aliran kanal tempat wisata Italia itu.

Baca Juga

Pejabat pemerintahan Venesia juga telah mengadakan pertemuan darurat bersama pasukan polisi untuk memahami kondisi yang terjadi. Laporan kantor berita Italia Ansa mengatakan, pihak berwenang sedang mempelajari kemungkinan tindakan pencegahan.

Insiden tersebut menggemakan episode serupa baru-baru ini di Italia.  Kelompok lingkungan telah mewarnai monumen, termasuk menggunakan arang nabati untuk mengubah aliran air mancur Trevi Roma menjadi hitam. Tindakan itu sebagai bentuk protes terhadap bahan bakar fosil yang masih digunakan di negera tersebut.

Tapi, fenomena di Venesia tidak seperti kasus sebelumnya itu. Hingga saat ini tidak ada kelompok aktivis yang mengaku bertanggung jawab atas apa yang terjadi di aliran kanal tempat wisata ikonik tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement