Sabtu 03 Jun 2023 00:15 WIB

Kegembiraan Warga Yordania Saksikan Royal Wedding Kerajaan

Putra mahkota Yordania menikah dengan keturunan keluarga terkemuka Saudi

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Pernikahan Putra Mahkota Yordania Hussein dengan putri salah satu keluarga paling kaya dan berpengaruh di Arab Saudi Rajwa Alseif
Foto:

Pernikahan tersebut dapat menciptakan momen singkat yang menyenangkan bagi warga Yordania selama masa ekonomi yang sulit, termasuk pengangguran kaum muda yang terus meningkat dan krisis ekonomi. Pejabat istana telah mengubah acara tersebut menjadi semacam kampanye publik. Pernikahan ini menggabungkan tradisi dan modernitas. Keluarga kerajaan memperkenalkan tagar pernikahan #Celebrating Al Hussein dan logo yang beredar luas. Logo itu memadukan inisial pasangan tersebut menjadi kata-kata Arab yang artinya "Kami bersukacita."

Sejumlah restoran memutar lagu-lagu pernikahan berbahasa Arab dan mobil-mobil membunyikan klakson dalam perayaan di pusat kota. Osama, seorang penjual buku berusia 25 tahun, sangat senang dengan royal wedding tersebut. Osama menghiasi jendela mobil dan tokonya dengan potret keluarga kerajaan. Dia mengatakan, perayaan pernikahan putra mahkota memberikan kegembiraan dan melupakan sejenak masalah perekonomian negara.

“Tentu saja, itu menyenangkan. Tapi dalam beberapa hari, kita akan kembali ke masalah kita," kata Osama yang menolak menyebutkan nama belakangnya.

Istana Zahran di Amman belum pernah melihat kemegahan seperti itu sejak 1993. Tepatnya ketika Abdullah menikahi Rania, yang lahir di Kuwait dari orang tua Palestina.  Beberapa dekade sebelumnya, ayah Abdullah, mendiang Raja Hussein, mengikrarkan sumpahnya di taman yang sama dengan istri keduanya, Antoinette Gardiner yang merupakan warga Inggris.

Sederet bangsawan dan pejabat asing menghadiri royal wedding Kerajaan Yordania, termasuk bangsawan senior dari Eropa dan Asia, serta utusan iklim AS John Kerry. Bangsawan Saudi juga menghadiri acara pernikahan tersebut karena ibu Rajwa berasal dari keluarga berpengaruh dan memiliki hubungan kekerabatan dengan mendiang ibunda Raja Salman. Sementara ayah Rajwa merupakan seorang miliarder yang memiliki perusahaan konstruksi besar di Saudi.

Iring-iringan mobil melewati Amman ke Istana Al Husseiniya, yang berjarak 30 menit berkendara, untuk resepsi.  Di istana tersebut, kedua mempelai berjalan di bawah lengkungan pedang dan disambut dengan upacara tradisional zaffeh, prosesi musik yang meriah menampilkan genderang, tarian, nyanyian, dan tepuk tangan.

 Para bangsawan menyambut lebih dari 1.700 tamu di resepsi yang menampilkan musik live dan perjamuan.  Perayaan ditutup dengan pertunjukan kembang api yang dapat dilihat di seluruh ibu kota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement