Jumat 02 Jun 2023 22:30 WIB

Kebakaran Lenyapkan 2,7 Juta Hektare Hutan di Kanada

Kanada dilanda kebakaran hutan tergawat dalam tiga dekade terakhir.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Foto aerial ini menunjukkan kawasan hutan di Shelburne County, Nova Scotia, Kanada terbakar, Rabu (31/5/2023).
Foto: Communications Nova Scotia/The Canadian Press
Foto aerial ini menunjukkan kawasan hutan di Shelburne County, Nova Scotia, Kanada terbakar, Rabu (31/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Lebih dari 2,7 juta hektare hutan di Kanada telah ludes akibat kebakaran. Luas lahan yang terbakar delapan kali lebih besar dari rata-rata dalam tiga dekade terakhir.

"Kondisi ini di awal musim ini belum pernah terjadi sebelumnya dan tentu saja sangat memprihatinkan bagi semua warga Kanada," kata Menteri Kesiapsiagaan Darurat Kanada Bill Blair dalam konferensi pers, Kamis (1/6/2023).

Baca Juga

Blair mengungkapkan, saat ini terdapat 211 kebakaran hutan di seluruh Kanada. Sebanyak 82 di antaranya tidak terkendali. Sepanjang Mei, otoritas Kanada berusaha keras memadamkan kebakaran besar di sejumlah wilayah, terutama di provinsi Praires Alberta dan Saskatchewan.

Dalam sepekan terakhir, upaya pemadaman besar-besaran bergeser ke Nova Scotia. Pada Kamis lalu, otoritas Kanada mencatat terdapat 16 kebakaran hutan di wilayah tersebut.

Kota Halifax menjadi salah satu yang terancam. Lebih dari 16 ribu penduduk sudah dievakuasi dari kediamannya. Saat ini sebagian titik api mulai terkendali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement