Senin 05 Jun 2023 13:21 WIB

Cina Tolak Kehadiran Aliansi Militer Seperti NATO di Asia Pasifik 

Kehadiran aliansi semacam NATO akan menyeret kawasan Asia Pasifik ke pusaran konflik.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Friska Yolandha
Prajurit Angkatan Darat Norwegia ambil bagian dalam latihan militer NATO. Cina menolak kehadiran aliansi seperti NATO di Asia Pasifik.
Foto:

Cina sempat menyatakan kerja sama pembangunan kapal selam bertenaga nuklir oleh negara anggota AUKUS tidak boleh dilanjutkan sebelum adanya konsensus dari negara anggota Badan Energi Atom Internasional (IAEA). Hal itu karena dalam prosesnya, ada pentransferan sejumlah besar uranium dari negara senjata nuklir ke negara non-senjata nuklir.

“Menunggu konsensus yang dicapai oleh semua negara anggota IAEA, (maka) AS, Inggris, dan Australia tidak boleh melanjutkan kerja sama yang relevan, dan Sekretariat IAEA tidak boleh terlibat dengan ketiga negara tersebut dalam pengaturan pengamanan untuk kerja sama kapal selam nuklir mereka,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Cina Wang Wenbin pada 14 Maret 2023 lalu.

 

Wang juga mengingatkan, Asia Pasifik adalah kawasan paling dinamis dan cepat berkembang di dunia. “Cina mendesak ketiga negara (AS, Australia, Inggris) untuk mengindahkan seruan komunitas internasional dan negara-negara kawasan, membuang mentalitas Perang Dingin yang sudah kuno dan pola pikir geopolitik yang sempit, dengan sungguh-sungguh memenuhi kewajiban internasional mereka serta menahan diri dari melakukan apa pun yang merusak perdamaian dan stabilitas kawasan dan dunia,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement