Senin 05 Jun 2023 16:32 WIB

Israel Tolak Gagasan Arab Saudi Kembangan Program Nuklir Sipil 

Program nuklir jadi salah satu syarat Arab Saudi mau buka hubungan dengan Israel.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Friska Yolandha
Menlu Israel, Israel Katz. Program nuklir jadi salah satu syarat Arab Saudi mau buka hubungan dengan Israel.
Foto:

Sebelumnya Eli Cohen sempat menyinggung tentang potensi normalisasi diplomatik antara negaranya dan Arab Saudi. Menurutnya, normalisasi relasi dengan Riyadh hanya masalah waktu. “Ini bukan soal jika, tapi kapan. Kami dan Arab Saudi memiliki kepentingan yang sama,” kata Cohen, dikutip laman Middle East Monitor, 22 Mei 2023 lalu.

Menurut Cohen, Israel dan Saudi sama-sama menganggap Iran sebagai musuh nyata. Soal rekonsiliasi yang dicapai Teheran dan Riyadh pada Maret lalu, Cohen memandang kesepakatan itu tak lebih dari “fasad”. “Arab Saudi akan melakukan apa saja untuk menghentikan (Iran) mendapatkan senjata nuklir. Kesepakatan (rekonsiliasi) itu adalah cara Saudi mengirim pesan kepada Amerika untuk lebih terlibat," kata Cohen.

 

Pada April lalu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, pemerintahannya menginginkan normalisasi diplomatik dengan Saudi. Menurut Netanyahu normalisasi dengan Riyadh akan menjadi lompatan besar dalam mengakhiri konflik Arab-Israel. “Kami menginginkan normalisasi dan perdamaian dengan Arab Saudi. Kami melihat itu mungkin sebagai lompatan besar untuk mengakhiri konflik Arab-Israel,” kata Netanyahu dalam pertemuannya dengan Senator Amerika Serikat (AS) Lindsey Graham di Yerusalem, 17 April 2023 lalu. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement