Senin 05 Jun 2023 17:50 WIB

Jembatan di India Runtuh Saat Dibangun, Diduga Karena Anggaran Dikorupsi

Ini adalah kali kedua Jembatan Aguwani-Sultanganj jatuh ke Sungai Gangga.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Friska Yolandha
Jembatan Aguwani-Sultanganj runtuh ke Sungai Gangga di Bihar, India, pada Ahad (5/6/2023).
Foto: Tangkapan layar
Jembatan Aguwani-Sultanganj runtuh ke Sungai Gangga di Bihar, India, pada Ahad (5/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PATNA -- Momen saat jembatan yang sedang dibangun runtuh tertangkap kamera di Bihar, India, pada Ahad (5/6/2023). Para saksi mata terdengar terengah-engah ketika Jembatan Aguwani-Sultanganj jatuh ke Sungai Gangga.

Dilaporkan bahwa ini adalah kedua kalinya jembatan tersebut runtuh. Insiden ini telah memicu perdebatan tentang praktek korupsi dan salah urus di pemerintah negara bagian Bihar, India, yang membuat kualitas pembangunan jembatan jauh dari standar kelayakan.

Baca Juga

Amit Malviya, seorang pejabat senior dari Partai Bharatiya Janata yang berkuasa, menyerukan pengunduran diri para pejabat di Bihar, termasuk Ketua Menteri Nitish Kumar. "Pada tahun 2015, Nitish Kumar meresmikan jembatan ini, yang seharusnya selesai pada tahun 2020," kata Malviya di Twitter.

"Jembatan ini telah jatuh untuk kedua kalinya. Akankah Nitish Kumar dan [wakil menteri utama] Tejashwi Yadav mengundurkan diri dengan segera, dengan memperhatikan insiden ini? Dengan melakukan hal ini, paman dan keponakan ini dapat memberikan contoh di depan negara," tulisnya, dilansir Hindustan Times, Senin (5/6/2023).

Politisi Bharatiya Janata Party (BJP), Shehzad Poonwalla mengunggah sebuah video runtuhnya jembatan tersebut di Twitter, menyalahkan korupsi sebagai penyebab dari insiden tersebut. Shehzad Poonwalla menggambarkannya sebagai "jembatan korupsi" dan menyindir menteri utama.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement