Rabu 07 Jun 2023 14:54 WIB

Kerusakan Mesin, Pesawat Air India Tujuan San Francisco, Mendarat Darurat di Rusia

Pesawat Air India tersebut membawa 216 penumpang dan 16 awak.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Pesawat maskapai Air India.   (ilustrasi)
Foto: EPA/DIVYAKANT SOLANKI
Pesawat maskapai Air India. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Sebuah pesawat Air India yang terbang dari New Delhi dengan tujuan San Francisco, terpaksa mendarat darurat di Rusia setelah mengalami masalah mesin, kata para pejabat pada Rabu (7/6/2023).

Pesawat Air India berjenis Boeing 777 tersebut membawa 216 penumpang dan 16 awak. Pesawat mendarat darurat dengan selamat di bandara Magadan, Rusia, di bagian timur jauh negara tersebut pada hari Selasa, Air India mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga

"Penerbangan pesawat ini mengalami masalah teknis, dengan terbang hanya dengan salah satu mesinnya," kata pernyataan itu, menambahkan. Setelah mendarat darurat, pesawat kemudian menjalani pemeriksaan keamanan dan para penumpang diberikan bantuan di darat.

Vedant Patel, juru bicara Departemen Luar Negeri AS, mengatakan bahwa kemungkinan ada warga negara Amerika yang berada dalam penerbangan tersebut. Namun ia tidak dapat segera mengkonfirmasi berapa banyak.

Ia mendapatkan informasi bahwa Air India akan mengirimkan pesawat pengganti ke Rusia, sehingga para penumpang dapat melanjutkan perjalanan mereka ke AS. "Kami terus memantau situasi ini," kata Patel.

Girvaan Kaahma, 16 tahun, melakukan perjalanan dalam penerbangan tersebut bersama paman dan saudara laki-lakinya. Dia mengatakan mereka dilarang meninggalkan tempat tinggal sementara di Magadan dan tidak dapat menggunakan kartu kredit, hal ini karena sanksi ke Rusia atas perang di Ukraina.

Kaahma mengatakan pihak maskapai menjanjikan kepada para penumpang bahwa mereka kemungkinan besar akan meninggalkan Rusia menuju San Fransisco, AS pada Kamis (8/6/2023).

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement