Kamis 08 Jun 2023 14:28 WIB

Komedian Jocelyn Chia Mengolok-olok Musibah MH370, Singapura Minta Maaf

Menlu Malaysia menganggap candaan Chia menujukkan kurangnya sensitivitas dan empati.

 Keluarga korban penumpang pesawat Malaysia Airlines MH370  menangis saat berunjuk rasa di depan gedung Kedubes Malaysia di Beijing, Selasa (25/3).
Keluarga korban penumpang pesawat Malaysia Airlines MH370 menangis saat berunjuk rasa di depan gedung Kedubes Malaysia di Beijing, Selasa (25/3).

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA – Singapura menyampaikan permintaan maaf kepada Malaysia atas candaan komedian kelahiran negeri tersebut, Jocelyn Chia. Dalam penampilannya di klub Comedy Cellar, New York, AS ia menjadikan hilangnya pesawat MH370 sebagai bahan lelucon. 

MH370 merupakan nomor penerbangan pesawat Malaysian Airlines yang hilang pada 8 Maret 2014 dengan membawa 239 orang di dalamnya. Pesawat hilang saat melakukan penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing. 

Menteri Luar Negeri (Menlu) Singapura Vivian Balakrishnan mengatakan, ia kaget dengan pernyataan menghebohkan yang disampaikan Chia. 

‘’Kami menjunjung tinggi hubungan baik dengan keluarga dan sahabat di Malaysia. Kami meminta maaf atas pernyataan yang menyerang dan menyakiti warga Malaysia,’’ katanya di Twitter, Kamis (8/6/2023). Hal serupa disampaikan Komisioner Tinggi Singapura,  Vanu Gopala Menon.

Ia terkejut dengan pernyataan ofensif yang dilontarkan komedian Chia.’’Pemerintah Singapura tak menoleransi perkataan atau tindakan yang membuat orang terganggu atau terluka. Chia, yang bukan lagi warga Singapura, tak mencerminkan pandangan kami,’’ ujarnya. 

Warga Malaysia terkejut setelah Chia, memilih bahan candaannya mengenai MH370. Dalam sebuah video saat tampil di Comedy Cellar ia melontarkan lelucon soal hubungan Malaysia-Singapura. Ia berkomentar mengenai pemisahan Singapura dari Malaysia pada 1965. 

Menurutnya, Singapura telah menjelma sebagai negara nomor satu dunia dan Malaysia masih menjadi negara berkembang. Chia juga mengatakan, pesawat Malaysia ‘tak bisa terbang’ dan ‘sejumlah joke menyatakan tak mendarat’.

Candaan yang Chia sampaikan ini merujuk penerbangan MH370 maskapai Malaysian Airlines yang hilang pada 2014. Menurut Channel News Asia, Video ini menjadi viral setelah Chia mengunggahnya di akun media sosialnya. 

Di bawahnya terdapat sejumlah komentar atas candaan yang disampaikan Chia. Intan Maizura Othaman, istri Mohd Hazrin Mohamed Hasnan, salah satu kru MH370 menuding Chia melakukan hal murahan untuk mendapatkan popularitas. 

‘’Inferioritas dan merasa tak aman kadang membuat orang menjadi sosok buruk, kemudian berlaku aneh dan tak berperasaan,’’ katanya seperti diberitakan Aljazirah. Materi komedi Chia juga memantik komentar Menlu Malaysia Zambry Abdul Kadir.

Ia menyatakan, Chia menujukkan kurangnya sensitivitas dan empati terhadap warga Malaysia serta keluarga korban. Komedian Malaysia, Harith Iskander menyatakan, kebebasan berekspresi dibutuhkan para komedian tetapi Chia sudah melangkah terlalu jauh. 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement