Kamis 08 Jun 2023 19:14 WIB

Kabut Asap di AS dan Kanada Bisa Berlangsung Berhari-hari

Pejabat memperingatkan warga untuk tetap berada di dalam rumah.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Friska Yolandha
Wilayah luas AS meliputi timur laut, barat tengah, hingga tenggara mendapat peringatan soal menurunnya kualitas udara, sebagai dampak berlanjutnya kebakaran hutan di Kanada.
Foto:

AS telah mengirimkan lebih dari 600 petugas pemadam kebakaran dan peralatan ke Kanada. Negara-negara lain juga ikut membantu.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berbicara dengan Presiden Joe Biden melalui telepon pada Rabu. Kantor Trudeau mengatakan bahwa ia berterima kasih kepada Biden atas dukungannya dan bahwa kedua pemimpin tersebut "mengakui perlunya bekerja sama untuk mengatasi dampak perubahan iklim yang menghancurkan."

Para pejabat Kanada mengatakan bahwa ini merupakan musim kebakaran hutan terburuk yang pernah terjadi di negara tersebut. Kebakaran dimulai lebih awal di lahan yang lebih kering dari biasanya dan meluas dengan cepat. 

Asap dari kebakaran tersebut telah menyelimuti AS sejak bulan lalu. Namun, kondisinya semakin parah dengan adanya kebakaran di Quebec, di mana sekitar 100 titik api dianggap tidak terkendali pada hari Rabu.

"Saya dapat merasakan udara," kata Dr Ken Strumpf dalam sebuah unggahan di Facebook dari Syracuse, New York, di mana langit berwarna-warni seperti warna universitas setempat yang berwarna Orange.

Asap begitu pekat di ibu kota Kanada, Ottawa, sehingga gedung gedung perkantoran di seberang Sungai Ottawa nyaris tidak terlihat. Di Toronto, Yili Ma mengatakan bahwa kelompok pendakiannya membatalkan rencana pendakian minggu ini.

Dan ia tidak dapat menikmati teras restoran yang menjadi tradisi musim panas yang dicintai di negara yang terkenal dengan musim dinginnya yang keras ini. "Saya menyimpan masker saya selama lebih dari satu tahun, dan sekarang saya memakai masker saya sejak kemarin," keluh Ma.

Quebec Timur mendapat sedikit hujan pada hari Rabu, tetapi ahli meteorologi Environment Canada yang berbasis di Montreal, Simon Legault, mengatakan bahwa tidak ada hujan yang signifikan yang diperkirakan akan turun selama berhari-hari di wilayah terpencil di Quebec tengah di mana kebakaran hutan lebih hebat.

Di AS, para pejabat federal menghentikan sementara beberapa penerbangan hari Rabu menuju Bandara LaGuardia di New York dan memperlambat penerbangan menuju Newark dan Philadelphia karena asap membatasi jarak pandang.

Tim Major League Baseball, Yankees dan Phillies, menunda pertandingan mereka. Di Broadway, "Hamilton" dan "Camelot" membatalkan pertunjukan pada Rabu. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement