Jumat 09 Jun 2023 23:01 WIB

Politico Kabarkan Menlu AS akan Kunjungi Cina, Paling Cepat Pekan Depan

Menlu AS semula akan ke Cina selepas pertemuan Biden-Jinping di Indonesia.

Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken dikabarkan berencana mengunjungi Beijing paling cepat pekan depan untuk berbicara dengan para pejabat senior Cina.
Foto: Olivier Douliery/Pool via AP
Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken dikabarkan berencana mengunjungi Beijing paling cepat pekan depan untuk berbicara dengan para pejabat senior Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken berencana mengunjungi Beijing paling cepat pekan depan untuk berbicara dengan para pejabat senior Cina, situs berita politik AS Politico melaporkan pada Kamis (8/6/2023). Jika benar-benar berkunjung, Blinken akan menjadi pejabat setingkat menteri dalam pemerintah Presiden Joe Biden yang pertama kali mengunjungi Cina.

Meski ketegangan AS-Cina meningkat antara dalam beberapa bulan terakhir, laporan itu muncul di tengah upaya pemerintah AS untuk memperbaiki komunikasi di antara pejabat tinggi kedua negara. Awal pekan ini, Wakil Menteri Luar Negeri AS urusan Asia Timur dan Pasifik Daniel Kritenbrink bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Cina Ma Zhaoxu di Beijing.

Baca Juga

Baik Washington maupun Beijing menyebut kedua pejabat itu melakukan pembicaraan yang konstruktif. Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin pada Jumat berkata, "Pintu kami untuk dialog dan komunikasi selalu terbuka."

Namun, Wenbin menambahkan bahwa kedua negara tidak boleh hanya sekadar berkomunikasi.

"Kita perlu bergerak maju ke arah yang sama dan mengembalikan hubungan bilateral ke jalur yang benar demi pembangunan yang sehat dan stabil," kata Wang dalam konferensi pers di Beijing.

sumber : Antara, Kyodo-OANA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement